Analisis Proses Pembelajaran Kelompok Belajar Mahasiswa S-1 PGSD UT Di Kabupaten Barru

Niku, Elpipres (2009) Analisis Proses Pembelajaran Kelompok Belajar Mahasiswa S-1 PGSD UT Di Kabupaten Barru. IKHTIAR (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Secara Aktual). pp. 121-139. ISSN 1412-8535

[img]
Preview
Text
Analisis Proses Pembelajaran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1 ) Penggunaan bahan ajar ( modul ) mahasiswa S-1 PGSD UT kelompok belajar di kabupaten barru. 2 ) Untuk mengetahui proses pelaksanaan tutorial mahasiswa S–1 PGSD UT kelompok belajar di kabupaten barru. 3 ) Untuk mengetahui proses evaluasi mahasiswa S-1 PGSD UT kelompok belajar di kabupaten barru. Hasil analisis statistic chi-kuadrat menunjukan hasil yang positif, dan ini terlihat dimana aktivitas mahasiswa mempunyai keeratan yang diharapkan peningkatan kualitas sumber daya guru, Artinya aktivitas mahasiswa dalam kelompok belajar pelaksanaan tutorial perlu ditingkatkan karena bagaimanapun juga interaksi antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lainya, dan antara mahasisa dengan tutor dalam kelompok belajar pelaksanaan tutorial sangat bermanfaat bagi mahasiswa baik manfaat akademik maupun manfaat sosial. Dengan demikian hipotesis kedua dalam studi ini dapat diterima. Sedangkan hasil uji statistik chi-kuadrat juga terdapat hasil yang posistif dalam proses pembelajaran terdapat evaluasi hal ini sangat menentukan antara tingkat keber-hasilan mahasiswa dalam penyelesaian studi pada program S-1 PGSD UT di kabupaten barru dengan peningkatan kualitas sumber daya guru. Selanjutnya terlihat pula keeratan hubungan dalam tingkat keberhasilan mahasiswa dalam penyelesaian studi di UT harus di tingkatkan. Dalam hal ini mata kuliah yang di programkan serta tugas mandiri mahasiswa perlu mendapat perhatian yang khusus baik dalam teknik mengerjakan soal-soal ujian dan modul maupun ujian akhir semester ( UAS ), Hal ini perlu ada komunikasi timbal balik antara mahasiswa dengan pengelola di daerah yang akan menyampaikan kepada UPBJJ atau UT di pusat. Berdasarkan hasil analisis dari studi ini, maka hipotesis ketiga di terima.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 22/B0044.pdf
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran, kelompok belajar, dan mahasiswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Sep 2022 09:32
Last Modified: 29 Sep 2023 01:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item