Peranan Strategi Belajar tuntas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Lanjutan Pertama

Niku, Elpipres (2008) Peranan Strategi Belajar tuntas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Lanjutan Pertama. IKHTIYAR : Jurnal penelitian dan pengembangan keilmuan secara aktual, 6 (3). pp. 553-696.

[img]
Preview
Text
Peranan Strategi Belajar.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Kata strategi berasal dan kata "straiegos" (Yunani) yang berarti Jenderal atau perwira negara yang bertanggung jawab merencanakan suatu strategi dan mengarahkan suatu pasukannya untuk mencapai kemenangan. Secaraspesifik Sherly (1978), merumuskan pengertian strategi sebagai suatu keputusan-keputusan yang diarahkan dan keseluruhannya diperlukan untuk mencapai tujuan. Sedangkan belajar tuntas adalah pembelajaran yang bertujuan agar bahan yang dipelajari dikuasai sepenuhnya oleh murid. Salah satu asas mengajar yang kita kenaI selama ini ialah "asas perbedaan individual". Para ahli pendidikan memikirkan tentang bentuk-bentuk pengajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa belajarsecara individual. Meskipun hingga saat ini masih banyak kita lihat guru mengajarkan dengan berlandaskan kemampuan secara pukul rata. Tanpa memperhatikan kemampuan masing-masing individu. Berbagi hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan dasar dan kemampuan potensial seseorang berbedasatu sama lain. Tidak ada individu yang mempunyai bakat atau intelegensi yang sama dalam berbagaibidang. Agar pengajaran kita dapat mencapai hasil yang sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka ada beberapafaktor yang perlu diperhatikan yang berpengaruh besar dalam mencapai penguasaan optimal, antara lain: bakat siswa untuk mempelajari sesuatu, mutu pengajaran, kesanggupan untuk memahami pengajaran, sarana dan prasarana pendidikan serta ketekunan darisiswa dan guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 22/B0045.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas pe1ayanan dan tingkat kepuasan mahasiswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Sep 2022 09:40
Last Modified: 02 Oct 2023 04:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10003

Actions (login required)

View Item View Item