Keseriusan Tutor Meningkatkan Tutorial Pendas Pada UPBJJ-UT Makassar

Niku, Elpipres (2011) Keseriusan Tutor Meningkatkan Tutorial Pendas Pada UPBJJ-UT Makassar. IKHTIYAR : Jurnal penelitian dan pengembangan keilmuan secara aktual. pp. 28-37.

[img]
Preview
Text
Keseriusan Tutor.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan uniuk memperoleh gambaran keseriusan tutor meningkatkan tutorial dilihat dari kegiatan moal, inti, akhir program pendas pada UPBlJ-UT Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Populasi terdiri atas 400 orang tutor, diambil 15% (Arikunto: 1992) dati jumlah populasi yaitu 60 orang tutor yang diambil sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan panduan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan cara organisasi data, tabulasi data, penskoran data. Hasil peneliiian menunjukkan bahtoa (1) keseriusan tutor meningkatkan tutorial program pendas UPB//-UT Makassar dilihat dari kegiatan awal rendah, karena terbukti dari cara-cara memberikan tutorial yang dikembangkan oleh tutor pada kegiatan ini belum mencipiakan suasana siap mental tutor secara optimal dan aktivitas tutor belum mengarah pada mempersiapkan diri, melaksanakan apersepsi, hendak menjelaskan skenario, man/aat kuliah, kompetensi dan menjelaskan tugas-tugas yang harus dipersiapkan, (2) keseriusan tutor meningkatkan tutorial program pendas UPBlJ- UT Makassar dilihat dari kegiatan inti cukup, karena terbukti dari adanya upaya-upaya tutor untuk melibatkan aktivitas mahasistoa. baik secara intelektual maupun emosional melalui kegiatan-kegiatan bervariasi yang penekanannya dapat menguasai kompetensi kegiatan yang telah ditetapkan, dapat menggambarkan model tutorial, hend4knya bervariasi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa terUbat aktif, dapat mengkaji materi mata kuliah, dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa belajar rnandiri, dan hendaknya mengupayakan keakti/an dan partisipasi mahasiswa secara optimal, dan (3) keseriusan tutor meningkatkan tutorial program pendas UPBlJ-UT Makassar dilihat dari kegiatan akhir rendah, karena terbukti dari aktivitas tutor pada tahilp ini tidale menunjukkan sebagaimana yang diharapkan dapat melakukan kegiatan untuk meyakinkan mahasiswa, tidale terlihat memberikan penguatan terhadap mahasiswa Iewat mengerjakan tugas dalam tutorial, membuat rangkuman atau ringkasan dari rnateri yang dibahas dalam tutorial, memberikan tes merupakan kegiatan penutup, dan memberikan tindale lanjut yang dapat berupa pemberian tugas atau pekerjaan TUmah yang berkaitan dengan peningkatan penguasaan mahasiswa terhadap materi yang dibahas dalam tutorial.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 22/B0046.pdf
Uncontrolled Keywords: Keseriusan tutor dan meningkatkan tutorial pendas
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Sep 2022 09:45
Last Modified: 02 Oct 2023 04:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10004

Actions (login required)

View Item View Item