Inovasi Pembalajaran Melalui Tutorial Webinar: Peluang Dan Tantangan

Daulay, Pardamean and Suparti, (2021) Inovasi Pembalajaran Melalui Tutorial Webinar: Peluang Dan Tantangan. In: Temu Ilmiah Nasional Guru (TING XII) “Membangun Masa Depan Bangsa melalui Merdeka Belajar di Era Digital” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka, 25-26 Juli 2020, UTCC – Pondok Cabe, Tangerang Selatan – Zoom Meeting.

[img]
Preview
Text
2. Prosiding TING 2020_Inovasi Tuweb.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyebaran Covid 19 berdampak pada semua sektor kehidupan manusia tidak terkecuali sector pendidikan. Universitas Terbuka (UT) sebagai institusi yang telah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh selama lebih dari 36 tahun, sejatinya tidak menghadapi kendala dalam menghadapi Covid 19 ini karena sudah menyediakan layanan berbasis online seperti Tutorial Online (tuton) dan secara terbatas juga menyediakan Tutorial Webiner (Tuweb) bagi mahasiswa UT yang berada di luar negeri. Namun, pendemi Covid 19 memaksa UT mempercepat penerapan Tuweb sebagai pengganti layanan Tutorial Tatap Muka (TTM) yang biasa disediakan bagi mahasiswa program Pendas dan PAUD. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peluang dan tantangan pelaksanaan Tuweb di UPBJJ-UT Surabaya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan mengirimkan angket (kuesioner) memanfaatkan googel from kepada mahasiswa UT Pokjar Kabupaten Bojonegoro sebanyak 450 mahasiswa. Seluruh data dinalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuweb memiliki peluang sebagai alternatif pengganti TTM karena kegiatan dapat diikuti oleh mahasiswa yang tinggal di beberapa lokasi yang secara geografis terpisah, bahkan sampai ke pelosok desa terpencil. Tuweb ini juga dapat mengghemat biaya operasional karena tidak perlu mendatangkan tutor ke lokasi (daerah). Namun, pelaksanan tuweb juga masih memiliki kendala, diantaranya kebutuhan yang harus disediakan oleh tutor dan mahasiswa yang terkait dengan penyediaan bandwidth intenet yang memadai dan perangkat minimal yang harus ada di handpone atau komputer masing-masing. Kendala utama, terkait pada ketersediaan akses internet terutama bagi mahasiswa yang tinggal di desa terpencil dan secara geografis berada di daerah pengunungan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0105.pdf
Uncontrolled Keywords: Tutorial Webiner (TTM), Pendidikan Jarak Jauh, UT, Covid 19
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru XII
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:16
Last Modified: 29 Sep 2023 09:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item