Kurikulum Berbasis Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Softskill Mahasiswadi Perguruan Tinggi

Selirowangi, Nisaul Barokati and Daulay, Pardamean and Suparti, (2021) Kurikulum Berbasis Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Softskill Mahasiswadi Perguruan Tinggi. In: Temu Ilmiah Nasional Guru (TING XII) “Membangun Masa Depan Bangsa melalui Merdeka Belajar di Era Digital” Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universi, 25-26 Juli 2020, UTCC – Pondok Cabe, Tangerang Selatan – Zoom Meeting.

[img]
Preview
Text
3. Prosiding TING 2020 Blanded Learning.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan blended learning kurikulum berbasis model ADDIE untuk meningkatkan keterampilan sofftskill mahasiswa. Artikel ini ditulis berdasarkan tinjauan konseptual dari beberapa literatur yang terkait dengan model pembelajaran blanded. Artike ini dimulai dengan fenomena yang terjadi pada pendidikan tinggi, dimana mahasiswa memperoleh pendidikan dalam bentuk pengetahuan yang khas dari disiplin ilmu yang dipelajari. Namun terlepas dari disiplin ilmu pengetahuan, siswa juga membutuhkan soft skill seperti keterampilan berpikir, keterampilan belajar dan keterampilan hidup sehingga siap terjun di masyarakat. Keterampilan lunak ini biasanya diperoleh dari pelatihan yang bersifat khusus. Tetapi proses aktual dari belajar juga merupakan potensi signifikan untuk meningkatkan soft skill. Karena itu artikel menawarkan model pembelajaran blended learning yang menggunakan kombinasi web-bahan pengajaran berbasis dan tatap muka. Melalui model ini, kurikulum dapat dikembangkan agar lebih terbuka sehingga siswa dapat meningkatkan soft skill. Model pengembangan pembelajaran yang dipilih untuk model ini adalah model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Model ini adalah salah satu model yang menjadi panduan dalam mengembangkan pembelajaran yang efektif, dinamis dan mendukung pembelajaran itu sendiri sehingga dapat membantu dosen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0039.pdf
Uncontrolled Keywords: Soft Skill, Blended Learning, Model ADDIE, Mahasiswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru XII
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:34
Last Modified: 29 Sep 2023 09:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10009

Actions (login required)

View Item View Item