Pengembangan Sistem Evaluasi Tutor Berbasis Online Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Tutorial Tatap Muka Pada Pendidikan Jarak Jauh

Sugiran, and Daulay, Pardamean and Zaman, Badrus (2015) Pengembangan Sistem Evaluasi Tutor Berbasis Online Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Tutorial Tatap Muka Pada Pendidikan Jarak Jauh. In: Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2015, 14 November 2015, Universitas Negeri Malang - Program Studi Teknologi Pendidikian.

[img]
Preview
Text
5. Prosiding_Seminar_Nasional_Teknologi_.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://tep.pasca.um.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem evaluasi tutor berbasis online untuk meningkatkan layanan Tutorial Tatap Muka (TTM) di Universitas Terbuka (UT) Target khusus yang hendak dicapai adalah prototype sistem evaluasi tutor berbasis online untuk menggantikan sistem lama yang dilakukan dengan cara membagikan angket (kuesioner) kepada mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC), yang dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama, studi eksploratif terhadap sistem evaluasi tutor yang berlangsung selama ini dan analisis kebutuhan perancangan sistem aplikasi yang dibutuhkan. Tahap kedua, dilakukan 1) pengembangan sistem evaluasi tutor berbasis online yang dapat menilai dan memberikan rekomendasi untuk penjadwalan tutor pada semester berikutnya, (2) validasi sistem melalui uji pakar, seminar, dan diskusi intensif, (3) validasi empirik dengan melakukan uji coba sistem yang dikembangkan pada beberapa kelompok belajar (pokjar) di wilayah UPBJJ-UT Surabaya. Hasil penelitian tahun pertama telah berhasil mengembangkan rancang bangun sistem evaluasi tutor berbasis online, dimana aplikasi ini diharapkan dapat menghemat anggaran UT karena tidak perlu mengcopy angkat dan seluruh mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk menilai tutor. Beberapa hal yang masih perlu dikembangkan adalah (1) mengembangkan sistem evaluasi tutor berbasis online yang dapat memberi hasil penilaian dari mahasiswa dan rekomendasi penjadwalan tutor pada semester selanjutnya, (2) melakukan evaluasi produk kepada mahasiswa di UPBJJ-UT Surabaya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0041.pdf
Uncontrolled Keywords: sistem evaluasi tutor, tutorial tatap muka, pendidikan jarak jauh
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:51
Last Modified: 29 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10011

Actions (login required)

View Item View Item