Merajut Modal sosial Membangun Kebersamaan Menuju Masyarakat Madani, Demokratis dan Berkeadilan

Daulay, Pardamean (2012) Merajut Modal sosial Membangun Kebersamaan Menuju Masyarakat Madani, Demokratis dan Berkeadilan. In: Seminar Nasional Demokrasi dan Masyarakat Madani FISIP UT 2012, 2011, UTCC – Pondok Cabe Tangerang, Jakarta.

[img]
Preview
Text
8. Proceding Seminar Nasional FISIP 2010.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Lahirnya reformasi ditengarai sebagai jawaban atas munculnya krisis modal sosial (kepercayaan) masyarakat Indonesia terhadap Orde Baru yang dianggap telah gagal dalam mengemban amanat untuk mencapai cita-cita luhur bangsa Indonesia, yaitu masyarakat madani yang adil dan sejahtera. Seiring dengan waktu, reformasi terus bergulir, dan saat ini sudah memasuki usia 13 tahun, tetapi krisis kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah belum mengalami perbaikan yang signifikan. Ironisnya, peristiwa-peristiwa yang hadir sepanjang reformasi, ditunjukkan dengan munculnya konflik di daerah, demonstrasi yang terus berlangsung, kekerasan yang meningkat, fanatisme kesukuan dan kedaerahan, serta kasus korupsi yang melibatkan aparat pemerintah, seperti kasus Century, telah membawa dampak semakin terpuruknya modal sosial masyarakat Indonesia. Untuk membangun kembali kehidupan masyarakat yang saling percaya dan penuh kebersamaan sebagai cerminan dari masyarakat madani tentu tidaklah mudah. Secara esensial diperlukan niat bersama untuk Iebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi dan golongan. Tanpa itu rasanya upaya membangun masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan sulit untuk dicapai. Untuk itu, proses pembangunan yang dilakukan harus mempertimbangkan dan berefek pada semakin tumbuh dan berkembangnya sediaan modal sosial di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Modal sosial yang Iemah akan meredupkan semangat gotong-royong, meningkatkan kemiskinan dan pengangguran, kriminalitas dan menghalangi setiap upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Apa dan bagaimana modal sosial itu sesungguhnya, dengan varian dimensi yang ada di dalamnya akan menjadi inti permasalahan dalam makalah ini. Secara khusus makalah ini akan berusaha merajut kembali berbagai modal sosial yang mengalami pelemahan dan penghancuran di masa Orde Baru dan mengaitkannya pada upaya membangun masyarakat madani, demokratis dan berkeadilan di masa depan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0044.pdf
Uncontrolled Keywords: modal sosial, masyarakat madani, demokrasi
Subjects: 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 321.8 Democratic Government (Pemerintahan Demokrasi)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FISIP-UT 2011
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:05
Last Modified: 29 Sep 2023 08:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item