Pengaruh Pelatihan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Kompetensi Pedagogik terhadap Profesionalisme Guru

Putri, Lindasari and Mujib, Abdul and Putri, Dewi Artati Padmo (2022) Pengaruh Pelatihan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Kompetensi Pedagogik terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Glasser, 6 (1). pp. 89-99. ISSN 2579-5082

[img]
Preview
Text
2022_IIIA.1b.4_Pengaruh Pelatihan berbasis TIK dan Kompetensi Pedagogik_Putri_Mujib_PadmoPutri.pdf

Download (249kB) | Preview
Official URL: https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glass...

Abstract

Era disrupsi teknologi yang dipercepat dengan pandemic Covid- 19 menuntut guru untuk dapat mengikuti percepatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan berbasis TI. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh pelatihan pembelajaran sekolah berbasis teknologi informasi komunikasi dan kompetensi pedagogic terhadap profesionalisme guru SD Muhammadiyah Plus Kota Batam. Peneliti memakai metode dengan pendekatan kuantitatif desain korelasional. Pengambilan sampel menggunakan non probability (sensus) sebanyak 48 responden. Kuesioner dan dokumentasi dipergunakan sebagai teknik pengambilan data. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif, dan statistic inferensial dengan regresi linear berganda. Dari hasil analisas regresi berganda dapat disimpulkan bahwa variable pelatihan, dan kompetensi pedagogoik secara serentak dan signifikan berpengaruh terhadap profesionalisme guru SD Muhammdiyah Plus Kota Batam. Hasil uji t disimpulkan bahwa peubah pelatihan mempunyai pengaruh yang bermakna bagi profesionalisme guru. Demikian pula kompetensi pedagogic berpengaruh secara bermakna terhadap profesionalisme guru dengan taraf signifikan 0,05, Oleh karena itu, riset ini menyimpulkan bahwa Pelatihan pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi dan kompetensi pedagogic berpengaruh secara bermakna bagi profesionalisme

Item Type: Article
Additional Information (ID): 22/B0047.pdf
Uncontrolled Keywords: pelatihan berbasis TIK, kompetensi pedagogik, profesionalisme guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:18
Last Modified: 27 Sep 2023 07:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10019

Actions (login required)

View Item View Item