Sukistanti, Wiwik (2012) Kualitas Sistem Pelayanan Pajak STNK Kantor Samsat Batang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41427.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan mekanisme pembayaran pajak yang meliputi (kesederhanaan, kejelasan, akurasi, keamanan dan keadilan,tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, penyediaan sarana tehnologi, telekomunikasi, dan informatika, tempat pelayanan mudah dijangkau, keramahan, kesopanan dan kedisiplinan petugas, serta kenyamanan), standar pelayanan (prosedur pelayanan, waktu, biaya pelayanan, proses pelayanan, produk pelayanan, serta kompetensi petugas) yang dilakukan untuk dengan tujuan untuk mengetahui mekanisme pelayanan, standar pelayanan minimal dan tingkat kualitas pelayanan pajak STNK di Kantor Samsat Batang. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan penjelasan dengan menggunakan ukuran prosentase atau golongan (kualifikasi) tentang kualitas system pelayanan STNK di Kantor Samsat Batang. Untuk mendapatkan data atau informasi yang berkaitan dengan penelitian menggunakan metode survey. Subyek penelitian adalah seluruh wajib pajak yang ada di Kantor Samsat pada tahun 2011. Sampel yang digunakan purposive random sampling dengan tehnik insidentil. Jumlah sampel yang diambillOO wajib pajak. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat variabel mekanisme pelayanan mendapat predikat baik dengan prosentase 65,2%; variabel standar pelayanan dinyatakan baik dengan prosentase 61,60%; dan variabel kualitas system pelayanan juga mendapat predikat baik dengan prosentase 69,3%. Kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa Prosedur pelayanan pembayaran pajak STNK di Kantor Samsat Batang dapat dikatakan baik akan tetapi masih adanya sebagian masyarakat yang mengeluh sehingga kualitas pelayanan perlu ditingkatkan karena banyaknya kritikan dari wajib pajak kepada para petugas. Adapun kelemahan dalam pelayanan pembayaran pajak STNK di Kantor Samsat Batang ini antara lain: masih banyaknya calo, waktu pelayanan yang tidak sesuai prosedur, serta tidak adanya keramahan dari para petugas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41427.pdf |
Uncontrolled Keywords: | kualitas, sistem pelayanan pajak, stnk, kantor samsat batang |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 07:10 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:10 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
View Item |