Nurhasanah, (2008) Kesiapan Mahasiswa program Studi Pendidikan Biologi Mengikuti Ujian PEBI 4500 Tugas Akhir Program (TAP). In: Seminar hasil Penelitian Universitas Terbuka 2008, 20 November 2008, UTCC – Pondok Cabe Tangerang Selatan.
|
Text
Seminar Penelitian TAP PEBI4500-ok-nurhasanah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penguasaan kulminatif atas pelbagai kompetensi bagi calon sarjan FKIP-UT dinilai diantaranya melalui Tugas Akhir Program (TAP). TAP merupakan evaluasi akhir program yang harus ditempuh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dan administrasi tertentu. Melalui ujian TAP mahasiswa yang telah menjadi guru dilatih dan sekaligus diuji untuk untuk menginternalisasi dan menghubungkan berbagai konsep yang telah dipelajari dengan pengalaman dan situasi nyata dilapangan serta dapat memecahkan masalah dan memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini berjudul “ Kesiapan Mahsiswa Menghadapi UAS Tugas Akhir Program (TAP) PEBI4500”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Kesiapan mahasiswa dalam menghadapi ujian Tugas Akhir Program (TAP) Pendidikan Biologi4500 secara administrasi dan akademik serta proses pembimbingan tutorial TAP oleh tutor. Metodologi yang digunakan adalah metode pengisian kuesioner secara langsung dan melalui pengiriman kuesioner pada peserta ujian TAPPEBI4500 masa ujian 2008.1 dengan menggunakan kuesioner yang meliputi indikator persiapan secara administrasi untuk mengikuti ujian TAP, persiapan secara akademik untuk pelaksanaan ujian TAP, dan indikator pelaksanaan pembimbingan TAP oleh tutor, sampel data diperoleh dari 4 UPBJJ-UT Jakarta, Bogor, Serang, dan Bandung; selanjutnya data diolah dan dianalisis melalui metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari ketiga indikator adalah 1) Sebagian besar (86,79%) mahasiswa memahami bahwa registrasi dilakukan jika persyratan administrasi telah telah terpenuhi dan 95,45% tidak mengalami kesulitan/ kendala untuk memenuhi persyaratan tersebut, 45,28% dapat ditempuh selama 3-4 semester. 2) Pada umumnya mahasiswa (33,96%) telah mengetahui persiapan bahan untuk TAP dan menghadapi TAP, serta (62,26%) mempelajari buku panduan TAP dan memiliki soal TAP dari teman, ujian sebelumnya, dan dari tutor. 3) 88,045 mahasiswa menyatakan bahwa pembimbingan tutorial dilakukan sesuai dengan tahap-tahap sebagaimana tertera dalam panduan proses pembimbingan TAP. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diantaranya mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi syarat administrasi, tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi persyratan, untuk menghadapi UAS TAPditempuh selama 3-4 semester , belajar melalui buku panduan, buku pendukung, soal-soal TAP dari panduan dan teman dan tutor. saran yang dapat dikemukakan diantaranya: Bagi mahasiswa lebih meningkatkan minat baca, mencari informasi tambahn dalam menghadapi UAS TAP, program studi menghimbau mahasiswa untuk ikut serta pada tutorial tatap muka dan tuton, dan UPBJJ dapat mensosialisasikan cara mengakses tuton TAP
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | 22/S0100.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan mahasiswa, menghadapi UAS, TAP PEBI4500 |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 09:08 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 06:08 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10029 |
Actions (login required)
View Item |