Penilaian: Penghargaan Prestasi Kelompok Penyelesaian Masalah Kolaborasi

Prahani, Binar Kurnia and Pandiangan, Paken and Nasir, Muhammad (2015) Penilaian: Penghargaan Prestasi Kelompok Penyelesaian Masalah Kolaborasi. In: International Conference: Trending Issues of School Education in Advanced Countries and Indonesia, 24 Januari 2015, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Penilaian Penghargaan Prestasi Kelompok Penyelesaian Masalah Kolaborasi.pdf

Download (889kB) | Preview

Abstract

Kurikulum dan paradigma pembelajaran di Indonesia telah dikembangkan dan diimplementasikan dengan mempertimbangkan keterampilan abad 21. Pada Abad 21 siswa harus memiliki kompetensi unggul dengan berbagai keterampilan, salah satunya keterampilan penyelesaian masalah kolaborasi (collaborative problem solving). Keterampilan penyelesaian masalah kolaborasi di analisis berdasarkan skor yang diperoleh oleh siswa sebelum, proses, dan setelah pembelajaran. Penilaian dilakukan ketika siswa melakukan penyelesaian masalah kolaborasi dalam kelompoknya. Penskoran menggunakan pengodean yang didasarkan pada instrumen yang dibuat peneliti mengacu pada (OECD, 2013). Kategori tersebut bertuliskan “Tinggi”’ “Sedang”, dan “Rendah”. Penghargaan dalam penilaian dan penghargaan prestasi kelompok penyelesian masalah kolaborasi diberikan dengan mengacu pada nilai keterampilan CPS rata-rata nilai kelompok CPS. Pemberian penghargaan prestasi berupa nilai untuk hasil belajar komulatif bergantung pada skor rata-rata yang diperoleh kelompok penyelesaian masalah kolaborasi. Hal ini secara tidak langsung akan memaksa siswa expert untuk memiliki interdependensi positif dengan siswa novice dalam pembelajaran penyelesaian masalah kolaborasi berbasis multiple representation, sehingga akan terjadi peningkatan pemahaman dan aktivitas penyelesaian masalah kolaborasi. Perlunya pengembangan model, strategi, dan penilain pembelajaran berbasis multiple representation yang mampu meningkat keterampilan penyelesaian masalah kolaborasi pada khususnya dan pembelajaran IPA pada umumnya

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0070.pdf
Uncontrolled Keywords: Penilaian, penghargaan, prestasi, keterampilan penyelesaian masalah kolaborasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:49
Last Modified: 27 Sep 2023 06:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item