Pentingnya Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa pada Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh untuk Menyongsong Abad 21

Pandiangan, Paken and Sanjaya, I Gusti Made and Jatmiko, Budi (2016) Pentingnya Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa pada Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh untuk Menyongsong Abad 21. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS 2016 “Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi”, 23 Januari 2016, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Pentingnya Keterampilan Pemecahan Masalah- Surabaya_ 2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menganalisis keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah dan menginvestigasi kesiapan belajar mandiri mahasiswa pada Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) di Propinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan menggunakan angket sebagai instrumen utama dan pretest sebelum mahasiswa mengikuti pembelajaran. Populasi penelitian adalah mahasiswa S1 Program Guru Dalam Jabatan yang mengambil mata kuliah Konsep Dasar IPA Fisika. Sampel mahasiswa berasal dari Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Surabaya dan UPBJJ-UT Jember. Sampel penelitian sebanyak 83 mahasiswa yang diambil secara proportional random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan persentase, sedangkan untuk mengetahui tingkat keterampilan memecahkan masalah diukur dengan menggunakan indikator menurut John Dewey dengan instrumen yang dikembangkan dan dimodifikasi oleh peneliti, serta kesiapan belajar mandiri mahasiswa diukur dengan menggunakan Self-Directed Learning Readness Scale (SDLRS) menurut Guglielmino (2014) sebagai instrumen yang cocok bagi pembelajaran orang dewasa yang dikembangkan dan dimodifikasi oleh peneliti. Penelitian dilakukan terhadap 83 mahasiswa PTJJ Universitas Terbuka di Jawa Timur yang menunjukkan bahwa keterampilan memecahkan masalah rata-rata keseluruhan mahasiswa untuk emecahkan masalah fisika sangat rendah yaitu dengan skor 36,04 dari skala 100, di mana kemampuan pemecahan masalah mahasiswa per indikator adalah: (1) kemampuan merumuskan masalah (32,50), (2) kemampuan membuat hipotesis (41,67), (3) kemampuan menganalisis data (19,17), dan (4) kemampuan mengambil kesimpulan (50,83). Sedangkan tingkat kesiapan belajar mandiri rata-rata keseluruhan mahasiswa sebesar 57,83 % (kesiapan belajar mandiri mahasiswa berada pada tingkat rendah dan di bawah rata-rata), di mana keterampilan belajar mandiri mahasiswa per indikator berada pada tingkat rendah dan di bawah rata-rata, yaitu: (1) inisiatif dan persistensi (53,01 %), (2) tanggung jawab (50,60 %), (3) disiplin dan rasa ingin tahu (37,35 %), (4) percaya diri dan keinginan kuat (85,54 %), (5) mengorganisasi waktu dan mengatur kecepatan belajar (61,45 %), (6) senang belajar dan memenuhi target yang direncanakan (54,22 %). Hal ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan memecahkan masalah dan kesiapan belajar mandiri mahasiswa secara umum masih rendah, yang berarti bahwa mahasiswa masih sukar untuk mengenali kebutuhan belajarnya sendiri. Mereka lebih menyukai suasana belajar di kelas di mana tutor menentukan apa yang harus dipelajari, kapan dan bagaimana harus mempelajarinya dan mahasiswa pada umumnya tidak terbiasa belajar secara mandiri. Penelitian ini juga menunjukkan sebagian kecil mahasiswa saja yang mampu memecahkan masalah dan memiliki kesiapan belajar mandiri pada tingkat di atas rata-rata, di mana mahasiswa tersebut umumnya dapat memecahkan masalah dan belajar secara mandiri dengan sukses, tetapi mahasiswa kurang mampu mengambil inisiatif dan persistensi, serta kurang mampu apabila harus mengambil tanggung jawab yang lebih dalam menentukan kebutuhan belajarnya dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi belajarnya baik secara individu maupun kelompok. Keywords: Pemecahan Masalah, Belajar Mandiri, PTJJ dan Keterampilan Abad 21

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0099.pdf
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Self-Directed Learning , ODL and 21st Century Skills.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:29
Last Modified: 27 Sep 2023 04:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item