Efek Moderasi Gender atas Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) Keuangan di Pemerintah Kabupaten Probolinggo

RAHAJENG, NITYASA (2019) Efek Moderasi Gender atas Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) Keuangan di Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44424.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan Perceived usefulness terhadap kepuasan pengguna SIMDA Keuangan. Penelitian ini menggunakan instrumen end-user computer satisfaction yang dibangun oleh Doll and Torkzadeh (1988). Penelitian ini juga memodifikasi model kesuksesan sistem informasi dari DeLone and Me Lean (1992). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berdasarkan kuesioner yang disebarkan pada pengguna SIMDA Keuangan yang bekerja pada berbagai organisasi sektor publik di Kabupaten Probolinggo. Peneliti memperoleh responden sebanyak 68 orang karyawan yang menggunakan SIMDA Keuangan dalam kegiatan operasionalnya. Data telah dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dan moderating regression analysis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna SIMDA Keuangan, kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna SIMDA Keuangan dan perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna SIMDA Keuangan. Selanjutnya hasil analisis menunjukkan bahwa variabel gender tidak memiliki pengaruh yang signifikan sebagai variabel moderating dari kualitas sistem informasi, kualitas infonnasi dan perceived usefulness. lmplikasi dari penelitian ini relevan bagi organisasi sektor publik yang mengadopsi dan mengembangkan sistem informasi berbasis komputer bagi kegiatan operasionalnya untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna SIMDA Keuangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44424-22.pdf
Uncontrolled Keywords: Information system quality, information quality, perceived usefulness and user satisfaction of SIMDA Finance, Kualitas sistem informasi, kualitas informasi, persepsi kegunaan dan kepuasan pengguna SIMDA Keuangan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 651.8 Computer Application for Office Management (Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.15 Financial Management (Manajemen Keuangan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:29
Last Modified: 11 Dec 2023 07:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item