Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika

Untung, Moh (2014) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42673.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari sebuah negara. Pendidikan adalah suatu hal yang mutlak harus dikeijakan sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia agar tidak sampai tertinggal dengan bangsa lain. Masih rendahnya mutu pendidikan merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Masalah pendidikan di Indonesia berasal dari berbagai segmen, mulai dari para pengambil kebijakan ditataran puncak, sampai pada permasalahan diakar rumput yaitu peserta didik sebagai peserta didik. Kualitas pendidikan saat ini menggunakan prestasi belajar peserta didik sebagai ukuran untuk menentukan tingkat keberhasilannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia dan lingkungan belajar dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematika pada Siswa Kelas IX MTsN Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif korelasional karena dalam prosedur dan analisisnya peneliti menggunakan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas IX MTsN Rogojampi Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015 yaitu sebanyak tujuh kelas dan metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Dari tujuh kelas, dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (kelas IX. D) dan kelas kontrol (kelas IX. E) . Metode analisis data menggunakan analisis One Way Anova dan Two Ways Anova yang dilakukan dengan bantuan program SPSS for windows. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia berbeda dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, ada pengaruh lingkungan belajar peserta didik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika serta terdapat perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dari masing-masing model pembelajaran yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia dan model pembelajaran konvensional yang melibatkan interaksi dengan lingkungan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42673.pdf
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry Learning with Multimedia, Learning Environment, and Mathematical Creative Thinking Ability, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia, Lingkungan Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:01
Last Modified: 11 Dec 2023 08:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10054

Actions (login required)

View Item View Item