Analisis Kualitas Pelayanan Dinas Pengelolaan Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bungo Terhadap Kepuasan Pedagang (Studi Kasus Pedagang Pasar Bungur Muara Bungo)

JUHAINI, and Ali, Hapzi and Suryanto, Adi (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Dinas Pengelolaan Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bungo Terhadap Kepuasan Pedagang (Studi Kasus Pedagang Pasar Bungur Muara Bungo). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42864.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas pelayanan Dinas Pengelolaan Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bungo terhadap pedagang Pasar Bungur Muara Bungo; 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepuasan yang dirasakan pedagang Pasar Bungur Muara Bungo terhadap Kualitas pelayanan Dinas Pengelolaan Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bungo; 3) Untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pedagang Pasar Bungur Muara Bungo. Unit analisis penelitian adalah pedagang di Pasar Bungur Muara Bungo, Populasi penelitian beijumlah 853 pedagang, dengan rumus Solvin di dapat sampel sebanyak 90 pedagang. Metode analisis Kualitatif (Deskriptif) dan Verivikatif (Kuantitatif), teknik analisis menggunakan Regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik diikuti dengan analisis determinasi (RSquare ), Pengujian hipotesis secara bersama-sama(Uji F) dan parsial (uji t) tingkat toleransi error 5% atau 0.005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Dinas Pengelolaan Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bungo adalah Baik dan pedagang Pasar Bungur Muara Bungo merasa Puas terhadap Kualitas Pelayanan tersebut. Hal ini sejalan dengan basil regresi yang menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pedagang dimana nilai Frutung didapat sebesar 19.311, sedangkan nilai ftabel sebesar 2.48, artinya Ftabel < F hitung mak:a tolak Ho terima Ha. Selanjutnya nilai koe:fisien determinasi (nilai R Square) diperoleh sebesar 0.476, artinya Kualitas pelayanan Dinas Pengelolaan Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bungo hanya mampu mempengaruhi kepuasan pedagang sebesar 47.6 %, sedangkan 52.4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42864.pdf
Uncontrolled Keywords: Service quality and merchant activity, Kualitas pelayanan dan aktivitas pedagang
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:16
Last Modified: 14 Oct 2022 07:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item View Item