Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan dalam Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas kelas IV SD Negeri I Bree Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat

INDRIANI, KANTI WARIH ADE and Haryono, Anung and Mulyana, Endang (2016) Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan dalam Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas kelas IV SD Negeri I Bree Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42866.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan serta dengan tingkat usia anak didik. Belajar aktif Malan salali satu solusi yang dapat diterapkan dalam proses belajar matematika. Pembelajaran Matematika tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas matematika dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. Beberapa penelitian mengenai penerapan belajar kooperatif model STAD menunjukkan hasil yang positif. Belajar kooperatif model STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep persen. Selain itu pembelajaran kooperatif model STAD juga dapat meningkatkan pemahaman konsep limit fungsi satu variabel real. Secara umum dapat dikatakan menyimpulkan bahwa prestasi belajar siswa untuk materi fungsi yang diajar dengan belajar kooperatif model STAD lebih baik secara signifikan dari pada prestasi siswa yang diajar dengan metode tradisional. Jenis penelitian iniadalah penelitian quasi experimental( eksperimen semu) dengan model one group Pretest Posttest Design Penelitian ini tidak menggunakan kelas pembanding namun sudah menggunakan tes awal sehingga besarnya efek atau pengaruh penggunaan metode STAD dapat diketahui secara pasti. Dalam penelitian ini, subyek penelitian terlebih dahulu diberikan tes awal (pretest) untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal siswa sebelum diberikan pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode STAD. Setelah diberikan tes awal, selanjutnya kepada siswa tersebut diberikan perlakuan, yaitu pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode STAD, Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Brang Rea Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini beijumlah 24 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi, dan tes basil belajar siswa. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan dua teknik, yakni menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan kriteria yang digunakan maka dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran menggunakan model STAD dilaksanakan dengan sangat baik Hal ini dapat diindikasikan dengan pemahaman siswa terhadap langkah-langkah pembelajaran dengan model STAD berdasarkan pengamatan observer, dengan rata-rata keterlaksanaan mencapai 93,00%. Selain itu, partisipasi siswa terbadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan model STAD termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini dapat diindikasikan dengan pemahaman siswa terbadap langkah-langkah pembelajaran dengan model STAD. Berdasarkan basil pengolahan data, dapat diketahui bahwa rata-rata nilai pre test baik untuk aspek pengetahuan maupun untuk aspek keterampilan cukup rendah Rata-rata nilai pretest untuk aspek pengetahuan adalah 58;56; sedangkan rata-rata nilai untuk aspek keterampilan 51,17. Setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan model STAD, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai, baik pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan. Rata-rata nilai post tes pada aspek pengetahuan adalah 95,38 dan rata-rata nilai aspek keterampilan adalah 94,25.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42866.pdf
Uncontrolled Keywords: STAD Learning, Concept Understanding, Counting Skills, Pembelajaran STAD, Pemahaman Konsep, Keterampilan Hitung
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:30
Last Modified: 14 Oct 2022 07:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10056

Actions (login required)

View Item View Item