Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Penalaran Matematis dengan Pendekatan Open-Ended (Kuasi Eksperimen Pada Kelas XI IPA SMAN 5 Mataram)

Aryadi, Mochamad Rofi (2016) Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Penalaran Matematis dengan Pendekatan Open-Ended (Kuasi Eksperimen Pada Kelas XI IPA SMAN 5 Mataram). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42945.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan pencapaian kemampuan berfikir kreatif dan penalaran maternatis antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan siswa yang mendapat pernbelajaran konvensional, serta untuk rnenelaah perbedaan peningkatannya. Pendekatan openended adalah pendekatan pernbelajaran yang rnenekankan pada pemberian soal-soal yang rnerniliki multi jawaban yang benar atau cara penyelesaian lebih dari satu cara Desain penelitian yang dipilih adalah ''pretest-postest control group". Penelitian ini melibatkan dua kelas, yakni kelas yang pembelajarannya dengan strategi pembelajaran open-ended (kelas eksperirnen) dan kelas yang pembelajarannya konvensional (kelas kontrol). Sebelurn mendapatkan perlak.uan, dilakukan pretest (tes awal) dan setelah rnendapatkan perlakuan dilakukan postest (tes akhir). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 5 Matararn, berjurnlah 212 siswa yang terbagi ke dalam 6 (enam) kelas rombongan belajar. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling sehingga didapatkan 2 (dua) kelas yang kemampuannya dianggap sama Instrurnen yang digunakan untuk mengurnpulkan data kemampuan berfikir kreatif siswa dan penalaran logis maternatis adalah tes kemampuan berfikir kreatif dan penalaran logis rnaternatis dalarn bentuk tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan berfikir kreatif dan penalaran matematis siswa dengan pendekatan pernbelajaran open-ended kelas eksperirnen lebih baik daripada siswa dengan pendekatan pembelajaran konvensional, dan (2) Peningkatan kemarnpuan berfikir kreatif dan penalaran matematis dengan pendekatan pernbelajaran open-ended kelas eksperirnen lebih baik dari pada siswa dengan pendekatan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42945.pdf
Uncontrolled Keywords: creative thinking skills, mathematical reasoning skills, open-ended approach, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan penalaran matematis, pendekatan open-ended.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:44
Last Modified: 08 Mar 2024 02:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item