Profesionalitas Kinerja Tenaga Administrasi Kearsipan Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Sintang

GUNAWAN, BAYU INDRA (2019) Profesionalitas Kinerja Tenaga Administrasi Kearsipan Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44319.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tesis ini mengangkat masalah kinerja tenaga administrasi kearsipan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Sintang Kabupaten Sintang. Tenaga Admini strasi Sekolah saat ini dijadikan sebagai pusat pelayanan publik dalam meningkatkan pencitraan sekolah karena para tenaga administrasi sekolah merupakan pusatnya dalam mengelola pendidikan dan profesional kinerja tenaga pendidik maupun non pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan suatu kejadian secara sistematik, faktual, fakta dan akurat sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi dilapangan. Pengumpulan sumber data dilakukan dengan teknik kuesioner, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, staf tata usaha, dan 9 orang dewan guru yang merangkap jabatan sebagai tenaga administrasi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan babwa kinerja tenaga administrasi kearsipan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan yang meliputi tugas dan proses pelaksanaan kinerja tenaga adrninistrasi kearsipan sekolah berdasarkan Permendiknas No.24 Tahun 2008 yang mencakup Kompetensi Tenaga Admini strasi Sekolah, Proses Pelaksanaan Tenaga Administrasi Kearsipan Sekolah, dan faktor- faktor yang mendukung pelaksanaan tenaga administrasi kearsipan sekolah dikategorian cukup baik. Dan dengan adanya tenaga pendidik yang merangkap tenaga administrasi sekolah dapat membantu proses pelaksanaan tugas dan tanggung jawab administrasi sekolah, ini dibuktikan dengan angka kelulusan tiga tahun terakhir cukup meningkat. Profesionalitas tenaga administrasi sekolah sudah dilaksanakan dengan baik dengan dukungan sarana dan prasarana maupun anggaran sekolah yang sudah tersedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44319.pdf
Uncontrolled Keywords: Performance of Administrative Personnel and Quality of Education, Kinerja Tenaga Administrasi dan Mutu Pendidikan
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.83 Management Quality (Manajemen Mutu / ISO)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:00
Last Modified: 11 Dec 2023 08:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item