Pengaruh Kepribadian Guru dan Konflik Antar Individu Dalam Organisasi Terhadap Efektivitas Kerja Guru di SD Negeri Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan

HERLIYANTI, TITIK and Meriyanti, and Joko Purwanto, Agus (2019) Pengaruh Kepribadian Guru dan Konflik Antar Individu Dalam Organisasi Terhadap Efektivitas Kerja Guru di SD Negeri Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44342.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh: 1) kepribadian guru terhadap efektivitas kerja guru, 2) konflik antar individu dalam organisasi terhadap efektivitas kerja guru serta 3) kepribadian guru dan konflik antar individu dalam organisasi secara simultan terbadap efektivitas kerja guru di SD Negeri Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian survey dengan variabel bebas adalah kepribadian guru dan konflik antar individu dalam organisasi sedangkan variabel terikat adalah efektivitas kinerja guru. Populasi sekaligus sampel penelitian adalah guru SD Negeri di Kecarnatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan berjumlah 127 orang tersebar di 30 SD Negeri. Data diperoleh melalui studi dokumentasi dan teknik angket, kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasional dan regresi secara sederhana maupun ganda, sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian: terdapat pengaruh yang signifikan antara kepribadian guru terhadap efektivitas kerja guru, ini berarti bahwa semakin baik kepribadian seorang guru, maka semakin baik pula efektivitas kerja gurunya, 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara konflik antar individu dalam organisasi tcrhadap efektivitas kerja guru ini berarti bahwa semakin baik persepsi seorang guru tethadap konflik antar individu dalam organisasi, semakin baik pula efektivitas kerjanya, 3) terdapat pengaruh yang signifikan an tara kepribadian guru dan konflik antar individu dalam organisasi secara bersama·sama terhadap efektivitas kerja guru. Ini berarti bahwa semakin baik kepribadian seorang guru dan semakin baik persepsi guru mengenai konflik antar individu dalam organisasi, semakin baik pula efektivitas kerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44342.pdf
Uncontrolled Keywords: Teacher Personality, Conflicts Between Individuals in Organizations, Teacher Work Effectiveness,Kepribadian Guru, Konflik Antar Individu Dalam Organisasi, Efektivitas Kerja Guru
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:14
Last Modified: 14 Oct 2022 08:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10061

Actions (login required)

View Item View Item