Implementasi Kebijakan Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap di Kantor Pertahanan Kabupaten Melawi

MAHIRINNA, ANGGUN and Rochmawati, Ida and Darmanto, (2020) Implementasi Kebijakan Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap di Kantor Pertahanan Kabupaten Melawi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44388.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Melawi luas wilayah 1.064..080 Ha, bidang tanah yang terdaftar sejumlah ± 98.563 Ila dan masih terdapat 218.505 Ha bidang tanah yang belum terdaftar. Tujuan penelirian mendeskripsikan implementasi kebijakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Pertanahan Kabupaten Melawi. Metode penelitian: deskriptif Kualitatif teknik pengumpulan data: data Primer yang diperoleh langsung melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Data sekunder yang diperoleh dari studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan hahwa: (1) Implementasi kebijakan Program PTSL di Kantor Pertanahan Kabupatcn Melawi belum optimal ditinjau dari aspek komunikasi dan aspek sumber daya yang kurang memadai. Ditinjau dari aspek disposisi dan struktur birokrasi sudah berjalan sesuai dcngan pcraturan dan ketetapan yang berlaku. (2) Hambatan dalam implementasi disebahkan factor kejelasan dan konsistensi yang belum terpenuhi saat menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga animo masyarakat terh.adap pendaftaran tanah masih rendah. Selain komunikasi, aspek sumber daya yang meliputi sumber daya manusia, anggaran, fasilitas yang belum memadai dalam menunjang implementasi kebijakan ini. Kesimpulan penetitian: (I) lmplementnsi kebijakan Program PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Melawi belum optimal. (2). Hambatan dalam implementasi kebijakan ini adalah factor komunikasi dan sumber daya yang belum memadai, namun walaupun ada kendala, dari factor disposisi dan struktur birokrasi sudah terpenuhi sehingga dapat terealisasi 100%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44388.pdf
Uncontrolled Keywords: Complete Systematic Land Registration, Melawi Regency. Pendaftaran Tanah Sistcmatis Lengkap, Kabupaten Melavvi.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:41
Last Modified: 17 Oct 2022 02:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10063

Actions (login required)

View Item View Item