Peran Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa Pada RSUD Depati Bahrin Kabupaten Bangka

PUTRANTO, TRI VINDI KUSUMA and Darmanto, and Darmayanti, Tri (2020) Peran Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa Pada RSUD Depati Bahrin Kabupaten Bangka. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44423.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Pokja Pemilihan memegang peranan yang sangat penting di dalam terlaksananya pelayanan publik yang diselenggarakan oleh RSUD Depati Bahrin melalui proses persiapan dan pelaksanaan pemilihan Penyedia Barang/Jasa, yang seharusnya dapat meningkatkan mutu pelayanan publik RSUD Depati Bahrin. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hal yang mendukung dan menghambat peran Pokja Pemilihan dalam proses Pengadaan Barang/Jasa pada RSUD Depati Bahrin Kabupaten Bangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dimana informan penelitian ditentukan secara purposive sampling antara lain adalah Bagian Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Bangka yang terdiri dari Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan Pokja Pernilihan serta pihak RSUD Depati Bahrin Kabupaten Bangka seperti Pejabat Pembuat Kornitrnen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Petugas Gudang, Instalasi Farmasi, Instalasi Sarana Prasarana Rumah Sakit,penyedialpemasok dan masyarakat yang telah mendapatkan layanan kesehatan di RSUD Depati Bahrin Kabupaten Bangka. Untuk instrumen penelitian melalui wawancara, observasi, dan mempelajari dokumen yang diperoleh peneliti. Dari penelitian ditemukan bahwa ada beberapa hal yang menghambat peran Pokja Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa pada RSUD Depati Bahrin Kabupaten Bangka antara lain keterbatasan anggaran operasional,masih sedikitnya jumlah Pejabat Fungsional Ahli Pengadaan Barang/Jasa, kompetensi Pejabat Pembuat Komitrnen (PPK) dalam paket pengadaan barang/jasa, belum meratanya pemahaman/pengetahuan penggunaan SPSE (Sistim Pengadaan Secara Elektronik) dari pihak RSUD Depati Bahrin, minimnya penghargaan terhadap peran Pokja Pemilihan,belum adanya jaminan bantuan hukum serta belum didukungnya penerapan strategi Rantai Pasok pada proses pengadaan barang/jasa di RSUD Depati Bahrin. Namun banyak hal yang telah dicapai untuk mendukung peran Pokja Pemilihan antara lain.penggunaan SPSE pada setiap paket pengadaan barang/jasa,pembentukan SPI (Satuan Pengawas Internal), penggunaan SIMRS Sistim lnformasi Manajamen Rumah Sakit) yang memasukkan unsur logistic didalamnya, koordinasi yang semakin baik antara Pokja Pemilihan dengan Pelaku Pengadaan Barang/Jasa RSUD Depati Bahrin dan organisasi Pengadaan Barang/Jasa di Kabupaten Bangka yang sudah permanen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44423.pdf
Uncontrolled Keywords: Public Procurement Team Working, RSUD Depati Bahrin, Good/Service. Peran Pokja Pemilihan, RSUD Depati Bahrin, Pengadaan Barang/Jasa.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:22
Last Modified: 17 Nov 2022 06:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10066

Actions (login required)

View Item View Item