Teknologi Pengolahan Sumberdaya Serat Kasar di Kearifan Lokal

Sara, Dem Vi and Erowati, Diah Asri (2014) Teknologi Pengolahan Sumberdaya Serat Kasar di Kearifan Lokal. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2014, 23 September 2014, Universitas Terbuka Conference Center, Tangerang. (Submitted)

[img]
Preview
Text
7 Makalah SEMNAS FMIPA-UT 2014.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Serat kasar merupakan makanan utama ternak ruminansia. Serat kasar mutlak diberikan dalam ransum ruminansia karena mikroba rumen akan dapat berkembang optimal mencerna hijauan dan mengkonversikannya menjadi daging. Serat kasar yang paling utama bagi ternak ruminansia adalah dari hijauan rumput. Namun, penyediaan rumput untuk budidaya ruminansia secara kontinyu dan berkualitas, masih terkendala. Oleh karena itu, sumber serat kasar di kearifan lokal, terutama yang berasal dari limbah pertanian, perkebunan, dan industri pascapanennya, harus diberdayakan dengan cara mengolahnya menjadi alternatif pengganti hijauan rumput. Sumber serat kasar tersebut dapat diawetkan dan diselamatkan keberlimpahannya terutama pada saat panen raya pertanian/perkebunan. Sementara itu, teknologi pengolahan sumber bahan baku serat kasar ada berbagai macam, baik yang dilakukan secara fisik, biologis, maupun kimiawi. Kajian hasil-hasil penelitian di bidang peternakan dan limbah pertanian ini dimaksudkan untuk: (1) mengetahui sejauh mana penerapan dan pemanfaatan teknologi pengolahan limbah sumber serat kasar untuk pakan, dan (2) mengetahui kearifan lokal yang dapat dikembangkan untuk penyediaan pakan hijauan bagi pengembangan peternakan ruminansia. Dengan penyelamatan sumber serat kasar di kearifan lokal, diharapkan dapat menunjang usaha budidaya ternak ruminansia, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan peternak, dan dalam ikut menyukseskan upaya pemerintah dalam program swasembada daging sapi dan kerbau.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Limbah pertanian perkebunan, serat kasar, pakan hijauan, ternak ruminansia
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 333.76 Agricultural Lands (Lahan Pertanian, Lahan Perkebunan)
600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 630 Farm, Farming (Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FMIPA-UT 2014
Depositing User: David NP
Date Deposited: 01 Nov 2022 09:30
Last Modified: 01 Nov 2022 09:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10080

Actions (login required)

View Item View Item