KUPAS TUNTAS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SMK BLUD Berbasis School Governance dan Total Quality Management

Khurniawan, Arie Wibowo (2021) KUPAS TUNTAS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SMK BLUD Berbasis School Governance dan Total Quality Management. PT Penerbit IPB Press, Bogor - Indonesia. ISBN 978-623-256-869-3

[img]
Preview
Text
Kupas Tuntas Efektivitas Pengelolaan SMK BLUD.pdf

Download (22MB) | Preview
Official URL: https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?se...

Abstract

Pada saat ini pengelolaan SMK menghadapi era lingkungan yang terus berubah dan sulit diprediksi atau yang biasa disebut dengan era VUCA. Istilah VUCA adalah akronim dari Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity. Pengelolaan SMK tidak hanya menghadapi era disrupsi digital yang mengguncang struktur pasar tenaga kerja dan menumbangkan industri lama, tetapi juga wabah penyakit Pandemi COVID 19 yang telah membunuh lebih dari 3 juta orang dan menyeret negara-negara ke dalam jurang resesi. Kini, masa depan pengelolaan SDM semakin tidak pasti. Penyelenggaraan SMK Negeri yang terjadi di Indonesia terlihat kaku dan tidak fleksibel sehingga menjadi tidak relevan lagi dalam menghadapi era VUCA. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya pengangguran dari lulusan SMK Presiden RI telah menginstruksikan untuk segera Re-Desain ulang SMK dengan diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Upaya tersebut turut diperkuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020‒2024. Buku ini hadir untuk memberikan masukan Re-Desain SMK dengan Paradigma Baru yakni Pengelolaan SMK melalui BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian berdasarkan perspektif strategi perbaikan manajemen pendidikan SMK. Strategi perbaikan ini berfokus pada efektivitas pengelolaan sekolah yang mengisyaratkan bahwa SMK harus mampu menyediakan layanan yang bermutu bagi para siswanya dengan fleksibilitas lebih dibandingkan SMK Negeri pada umumnya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: School Governance, Efektivitas Pengelolaan Sekolah, SMK-BLUD, Total Quality Management (TQM)
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.24 Academic and Vocational School (Akademi, Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Koleksi Digital > Buku Umum
Depositing User: David NP
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:35
Last Modified: 02 Nov 2022 08:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10087

Actions (login required)

View Item View Item