Model Pembelajaran Kimia Fisika Berbasis Simulasi Dinamika Molekul

Pandiangan, Paken (2012) Model Pembelajaran Kimia Fisika Berbasis Simulasi Dinamika Molekul. In: Seminar Nasional,Universitas Terbuka, 18 Januari 2012, UPBJJ-UT Batam.

[img]
Preview
Text
Seminar Akademik-Batam-Paken P.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Fisika statistik merupakan bidang ilmu alam yang sangat penting dipahami oleh para mahasiswa fisika dan kimia. Bidang kajian fisika statistik termasuk bidang yang abstrak dan sulit dipahami sehingga memerlukan kemampuan analisis matematis yang tinggi. Pada penelitian ini telah dikembangkan sebuah model pembelajaran kimia - fisika berbasis simulasi dinamika molekul sehingga para mahasiswa yang memerlukan konsep-konsep fisika statistik dapat dipelajari dengan baik. Dengan simulasi dinamika molekul ini para mahasiswa dapat memahami perilaku sistem dalam berbagai jenis ensambel secara praktis dan efektif. Berbagai eksperimen yang seharusnya dilakukan dalam laboratorium, namun melalui model pembelajaran ini, kita dapat melakukan simulasi secara mandiri melalui tampilan di layar komputer sehingga dapat membantu pemahaman mahasiswa dengan lebih baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0097.pdf
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kimia-fisika, simulasi dinamika molekul, fisika statistik.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:06
Last Modified: 27 Sep 2023 03:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item