Fatmasari, Rhini (2016) Sekolah Sebagai Pembentuk Budaya Bangsa ditengah Isu Multikultur. In: Penguatan Profesionalitas Guru dalam Menjawab Tantangan Abad-21. Universitas Terbuka, Jakarta, p. 11.
|
Text
Penguatan Profesional Guru dalam Menjawab Tantangan Abad-21.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembentukan budaya bangsa merupakan salah satu tugas yang diemban sekolah. Hal ini disebabkana karena karakteristik masyarakat Indonesia yang multicultural. Sekolah diharapkan mampu melahirkan cikal masyarakat yang mampu menegakkan suatu kehidupan Bersama yang demikratis, human dignity, menghormati akan keanekaragaman dalam masyarakat Indonesia dan bertekad untuk membangun kesatuan Indonesia dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan Pendidikan multikultur melalui Pendidikan Kewarganegaraan yang didasarkan pada dimensi the personal, social, spatial dan temporal dimension. Upaya pembentukan nilai-nilai bangsa dilakukan dalam praktik “sekolah sebagai pusat pembudayaan” sebagai wahana transformasi budaya. Pencapaian Pendidikan sesuai visi bangsa akan terlaksana dengan baik jika ditunjang dengan kecukupan anggaran Pendidikan yang memadai. Anggaran Pendidikan yang memadai akan menciptakan model Pendidikan dan sekolah yang bermutu, dalam arti memiliki fasilitas yang memadai, kurikulum dam kelangkapannya, tenaga pendidik yang kompeten, waktu belajar, sistem evaluasi yang baik serta lingkungan sekolah yang kondusif
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information (ID): | 22/BS0020.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Multikultur |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) |
Divisions: | Koleksi Digital > Buku Civitas Akademika UT |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 03:10 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:14 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10095 |
Actions (login required)
View Item |