Nilai-nilai Pemerintahan Marga Sebagai Basis Pengembangan Masyarakat (Studi Kasus di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur)

Darmanto, and Weningsih, Sri and Istianda, Meita (2014) Nilai-nilai Pemerintahan Marga Sebagai Basis Pengembangan Masyarakat (Studi Kasus di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur). In: 1st National Research Symposium, 8 October 2014, Universitas Negeri Malang.

[img]
Preview
Text
22B0059.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penghapusan sistem pemerintahan Marga sebagai konsekuensi dari perubahan politik menyebabkan terjadinya krisis sosial dan ekonomi. Kondisi ini memunculkan adanya krisis pengakuan terhadap otoritas Marga. Otoritas Marga yang dihapus secara sepihak menimbulkan masalah yang ditandai dengan munculnya kriminalitas disertai dengan kekerasan atau pun adanya konflik akibat hilangnya penguasaan ulayat oleh Marga. Dengan dihapusnya sistem pemerintahan Marga maka pengembangan masyarakat dalam rangka kesejahteraan masyarakat dilakukan melalui implementas kebijakan dan strategi yang seragam serta melalui pendekatan top down. Dalam perjalanannya, kebijakan yang diambil tersebut tidak mampu menciptakan daya dukung sosial yang tepat dan bahkan tidak dapat menyelesaikan sampai ke akar permasalahan yang berupa persoalan kultural. Penelitian ini dilakukan dalam rangka memahami persoalan mengenai kondisi masyarakat OKU Timur yang diakibatkan oleh hilangnya sebagian nilai-nilai Marga yang pernah ada serta hilangnya otoritas pemerintahan Marga. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pemerintahan Marga, mengidentifikasi nilai-nilai pemerintahan Marga yang dapat dijadikan modal sosial dalam rangka mensejahterakan masyarakat OKU Timur, serta merancang suatu pola pengembangan masyarakat berbasis nilai-nilai pemerintahan Marga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara mendalam dengan cara Focus Group Discussion (FGD), sedangkan data sekunder diperoleh melalui kajian pustaka untuk melengkapi penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pemerintahan Marga di OKU Timur yang dapat dijadikan modal sosial antara lain harmonisasi, kebersamaan, tolong menolong, dan gotong royong. Adapun pola pengembangan masyarakat yang berbasis nilai-nilai pemerintahan Marga mencakup pengembangan potensi ekonomi, profesionalisme manajemen masyarakat adat, dan pengelolaan sumber daya alam berbasis nilai-nilai demokrasi marga.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/B0059 ISBN 9789794957516
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Masyarakat, Sistem Pemerintahan Marga, Nilai-nilai Pemerintahan Marga
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Social Welfare, Problems and Services (Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 02 Dec 2022 10:27
Last Modified: 02 Dec 2022 10:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item