Analisis Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Hanan, Abdul (2022) Analisis Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40001-23-abstrak.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40001-23-cover.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat pesisir sangat tergantung pada ketersediaan fasilitas pelabuhan perikanan, aktivitas pengelolaan pelabuhan, dan usaha perikanan. Namun, sarana dan prarasana di Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok kurang memadai. Hal ini akan berpengaruh terhadap aktivitas pengelolaan pelabuhan dan kesejahteraan masyarakat pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi fasilitas yang ada di Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok, menganalisis aktivitas yang mendukung usaha perikanan, menganalisis kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang mengelola pelabuhan, menganalisis tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir berdasarkan Nilai Tukar Nelayan, dan menganalisis strategi pengelolaan Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok yang mendukung tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir. Pengumpulan data dilakukan dari bulan November 2020 sampai Januari 2021 menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SWOT dan Analisis Regresi Logistik. Hasil penelitian menunjukkan ada 2 fasilitas pokok, 9 fasilitas fungsional dan 2 fasilitas penunjang yang kondisinya kurang memadai. Aktivitas di Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok terdiri dari pelayanan dermaga,kunjungan kapal, pendaratan ikan, pelayanan es, pelayanan air, pelayanan bahan bakar minyak, dan pelayanan bengkel. Aktivitas yang mengalami penurunan di tahun 2019 dibanding tahun 2017 diantaranya adalah jumlah kunjungan kapal motor ke dermaga Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok. Jumlah sumber daya manusia yang mengelola Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok 15% berpendidikan S1 perikanan, 3% berpendidikan S1 non perikanan, dan 82% berpendidikan SLTA. Masyarakat pesisir di Desa Labuhan Lombok ada yang masih tergolong kurang sejahtera. Strategi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dapat dilakukan melalui empat prioritas, yaitu perbaikan fasilitas pelabuhan yang kondisinya rusak, peningkatan aktivitas pelayanan pelabuhan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah, peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang mengelola pelabuhan, dan peningkatan peran kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat pesisir.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40001-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan masyarakat pesisir, nilai tukar nelayan, strategi pengelolaan pelabuhan perikanan.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 620-629 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan) > 627.3 Port Facilities (Fasilitas Pelabuhan)
600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 639.2 Commercial Fishing, Fishery (Penangkapan Ikan untuk Tujuan Komersial, Perikanan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Perikanan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Jan 2023 08:17
Last Modified: 17 Nov 2023 09:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item