Analisis Dampak User Experience Pelaksanaan Tutorial Web (TUWEB), Konsep Diri ,Adversity Qutient (AQ) dengan Kemandirian Belajar pada Mahasiswa UPBJJ-UT Semarang

Widuroyekti, Barokah and Widyani, Inneke Putri and Hartanti, Jahju (2022) Analisis Dampak User Experience Pelaksanaan Tutorial Web (TUWEB), Konsep Diri ,Adversity Qutient (AQ) dengan Kemandirian Belajar pada Mahasiswa UPBJJ-UT Semarang. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Submitted)

[img]
Preview
Text
G0008-23.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan kualitas pembelajaran mahasiswa tentunya tidak terlepas dari peningkatkan layanan dalam proses pembelajaran yang di berikan. Kemandirian belajar dan resiliensi merupakan aspek pendorong mahasiswa dalam melakukan pembelajaran daring seperti saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau informaasi mengenai hubungan Konsep diri, kemandirian belajar dan resiliensi mahasiswa Program Pendidikan Dasar Universitas Terbuka Semarang selama pembelajaran dengan modus tutorial webinar (tuweb). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu skala likert untuk menjaring data konsep diri, kemandirian, dan resiliensi. Jumlah sampel dalam riset ini merupakan sejumlah 98 orang responden, yakni mahasiswa yang berada di semester 3 Program S-1 PGSD dan PGPAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori konsep diri mahasiswa UPBJJ Universitas Terbuka Semarang dalam kategori sedang, kategori kemandirian belajar dalam kategori tinggi, dan kategori kemampuan resiliensi dalam kategori sedang. Adapun hubungan konsep diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan resiliensi menunjukkan hubungan yang signifikan dengan nilai signifikansi 0.000 dalam kategori sedang yang dibuktikan dengan koefisien korelasi 0.442. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa perlu adanya pengembangan teknik konseling bagi mahasiswa yang memiliki konsep diri, kemandirian, dan resiliensi rendah dan pelatihan kemandirian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0008.pdf
Uncontrolled Keywords: konsep diri, kemandirian belajar, resiliensi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:23
Last Modified: 07 Feb 2023 08:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item