Harsasi, Meirani and Riana, Kurnia Endah and Minrohayati, and Sunarsih, Nenah and Ni, Wayan Marsha and Yusuf, and Konda, Vigilia (2023) Model Penyelenggaraan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Project Report. Universitas Terbuka. (Submitted)
|
Text
G0009-23.pdf Download (673kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memfokuskan pada pengembangan pembelajaran berbasis projek (PBL) dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pembelajaran kolaboratif dan hasil belajar mahasiswa, khususnya mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka yang menggunakan system pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and design (R & D). R&D dilakukan dalam dua tahun , dengan hasil tahun pertama ini adalah R&D level 1 yaitu menghasilkan rancangan, tetapi tidak dilanjutkan dengan membuat produk dan mengujinya, dengan tahapan sebagai berikut 1)Potensi dan masalah; 2)Pengumpulan data; 3) Desain Produk; 4)Validasi desain; 5) Revisi Desain. Penetuan potensi dan masalah dilakukan berdasarkan hasil wawancara dari 5 pakar yang berasal dari UGM, ITB, Universitas Telkom dan Universitas Terbuka.Hasil dari R&D level 1 ini adalah 1) Rancangan Pembelajaran Semester (RPS); 2) Rancangan bahan ajar cetak; 3) Rancangan bahan ajar non cetak; 4) Rancangan bahan ujian; 5) Rancangan bantuan belajar; 6) Rancangan evaluasi hasil belajar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 23-G0009.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Project-based learning, pembalajaran kolaboratif, pembelajaran jarak jauh |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 09:54 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 09:54 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10149 |
Actions (login required)
View Item |