Aji, Sandra Sukmaning (2014) Pemanfaatan Open Educational Resources (OER) pada Pembelajaran Online tentang Pemanasan Global dan Perubahan Iklim. In: Seminar Nasional Riset Inovatif (SeNaRI) ke-2, 21-22 Nopember 2014, Grand Inna Kuta, Bali.
|
Text
S0001-23.pdf Download (636kB) | Preview |
Abstract
Tutorial online merupakan salah satu bantuan belajar yang diberikan oleh Universitas Terbuka kepada mahasiswanya. Tujuan studi ini untuk memberikan informasi tentang pemanfaatan OER pada pembahasan Pemanasan Global dan Perubahan Iklim. Penelitian pengembangan dilakukan di Universitas Terbuka melalaui tiga tahap, tahap pertama adalah pengembangan Rancangan Aktivitas Tutorial dan Satuan Acara Tutorial, tahap kedua pengembangan materi inisiasi dan tugas, dan tahap ketiga pelaksanaan tutorial online. Data diperoleh melalui hasil kegiatan diskusi dan penyelesaian tugas tutorial oleh mahasiswa dan indikator yang digunakan adalah pemanfaatan OER. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan OER mengacu pada teori belajar connectivism, 2) Pada RAT, SAT dan Materi tutorial online tutor mencantumkan OER yang dapat diakses oleh mahasiswa, 3) Terdapat 86% mahasiswa peserta tutorial online menggunakan OER pada penyelesaian tugas namun tidak banyak mahasiswa menggunakan OER dalam diskusi, 4) Pemanfaatan OER oleh mahasiswa lebih banyak digunakan oleh mahasiswa untuk menjawab pertanyaan terkait penjelasan konsep, dan belum banyak mahasiswa yang memanfaatkan OER untuk membuat suatu argumentasi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | 23/S0038.pdf |
Uncontrolled Keywords: | tutorial online, pemanfaatan OER |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Arsip Digital > Dokumentasi |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:22 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:35 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10162 |
Actions (login required)
View Item |