Pengaruh Teknologi Informasi dan Implementasi Kebijakan Pendidikan terhadap Mutu Pelayanan Sekolah pada SMA Yayasan Pangudi Luhur Don Bosko di Semarang Jawa Tengah

Masdiharjo, Arnoldus (2011) Pengaruh Teknologi Informasi dan Implementasi Kebijakan Pendidikan terhadap Mutu Pelayanan Sekolah pada SMA Yayasan Pangudi Luhur Don Bosko di Semarang Jawa Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40702.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh teknologi informasi dan implementasi kebijakan pendidikan dan besaran kontribusi teknologi informasi dan implementasi kebijakan pendidikan terhadap mutu pelayanan sekolah pada SMA Yayasan Pangudi Luhur Don Bosko di Semarang,Jawa Tengah. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dilakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan cara analisis data penelitian ini dengan pendekatan tipe penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada SMA Yayasan Pangudi Luhur Don Bosko, di Semarang, Jawa Tengah. Sampel penelitian sebanyak 40 responden tenaga pendidik dan kependidikan pada SMA Yayasan Pangudi Luhur Don Bosko. Data penelitian dikumpulkan dengan alat kuestioner model Skala Likert dengan lima pilihan yang telah terbukti memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang dipersyaratkan. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS version 13 For Windows. Dari hasil pengujian hipotesis: (1) ada pengaruh langsung yang signifikan antara teknologi informasi (0,049) probability (0,657) terhadap mutu pelayanan sekolah. (2) ada pengaruh langsung yang signifikan antara implementasi kebijakan pendidikan (0,293) probability (0,000) dan kurang dari 0.05 terhadap mutu pelayanan sekolah. (3) ada kontribusi besaran pengaruh langsung yang signifikan antara teknologi informasi dan implementasi kebijakan pendidikan terhadap mutu pelayanan sekolah ( 0,574). Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disarankan: (1) pengelola sekolah dapat menentukan strategi dalam mengelola organisasi sekolah dan diharapkan dengan strategi yang dilaksanakan mampu mewujudkan kebijakan mutu pelayanan sekolah pada publik (peserta didik, orang tua, masyarakat). (2)kepada tenaga pendidik dan kependidikan dapat menambah pengetahuan tentang teknologi informasi, implementasi kebijakan pendidikan, mutu pelayanan sekolah dan diharapkan tenaga pendidik dan kependidikan menyadari amat penting aspek tersebut dalam meningkatkan citra sekolah pada publik (peserta didik, orang tua,masyarakat). (3) pengelola Yayasan pangudi Luhur, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan yang tepat dalam melakukan koordinasi pembinaan sekolah-sekolah Yayasan Pangudi Luhur,sehingga implementasi program pendidikan dapat berjalan akuntabel, kredibel,kualitas, dan integral dalam upaya meningkatkan kebijakan mutu pelayanan sekolah pada publik (peserta didik, orang tua, masyarakat).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40702.pdf
Uncontrolled Keywords: information technology, the implementation of the educational policy, the school quality service, teknologi informasi, implementasi kebijakan pendidikan, mutu pelayanan sekolah
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 600-609 Miscellany of Technology and Applied Sciences (Aneka Ragam Teknologi dan Ilmu Terapan) > 607.4-607.9 EducationĀ and Related Topics of Technology and Applied Sciences in Specific Localities (Pendidikan dan Topik TerkaitĀ di Bidang Teknologi dan Ilmu Terapan di Lokasi Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:15
Last Modified: 12 Feb 2019 08:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item