Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Buru

Setyahadi, Istanto (2021) Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Buru. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40053-23 cover.pdf

Download (952kB)

Abstract

Kabupaten Buru juga memiliki ragam objek wisata potensial baik wisata alam,wisata bahari, wisata agro rnaupun wisata budaya dan sejarah yang bisa dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah serta meningkatkan perekonomian daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap pengembangan pariwisata serta menemukan strategi pengembangan pariwisata yang paling tepat untuk diaplikasikan di Kabupaten Buru, merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada pada objek-objek wisata yang tersebar di Kabupaten Buru, sumber infonnasi berasal dari pemerintah daerah dan dinas pariwisata. Instrurnen penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara dan kuesioner serta studi kepustakaan. Teknik analisa data rnenggunakan SWOT, didasarkan pada analisis faktor internal dan eksternal wisata di Kabupaten Buru. Hasil penelitian menunjukan faktor internal (strength-weakness) dan eksternal (opportunity-threat) berpengaruh terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Buru, Pemetaan faktor internal dan eksternal melalui analisis SWOT menetapkan strategi SO (strength-opportunity) merupakan pilihan strategi utarna yaitu menggunakan kekuatan (strength) internal dengan memanfaatkan peluang (opportunity) eksternal secara maksimal melalui pengembangan wisata minat khusus, membangun jejaring antar pengelola objek wisata, kerjasama dengan travel agent lokal maupun mancanegara, pengembangan website, koordinasi antar instansi daerah maupun pusat, penataan kelembagaan kepariwisataan dan mempermudah investasi dibidang pariwisata. Alternative strategi lainnya yang bisa digunakan, antara lain strategi WO (weakness-opportunity), ST (strengththreat) dan WT (weakness-threat) yang bisa diterapkan dalam pengembangan pariwisata oleh pemerintah Kabupaten Buru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40053-23.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategy, Tourism Development, SWOT Analysis, Strategi, Pengembangan Pariwisata, Analisis SWOT.
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.479 Tourism Industri (Industri Pariwisata)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Doktor Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:48
Last Modified: 06 Aug 2024 01:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10221

Actions (login required)

View Item View Item