Simulasi Dampak Perubahan Iklim di DKI Jakarta yang Diakibatkan oleh Penggunaan Bahan Bakar Minyak Terhadap Sumber Daya Air dan Kasus Penyakit

Warlina,, Lina and Listyarini, Sri Simulasi Dampak Perubahan Iklim di DKI Jakarta yang Diakibatkan oleh Penggunaan Bahan Bakar Minyak Terhadap Sumber Daya Air dan Kasus Penyakit. In: Seminar Nasional Tantangan Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim di Indonesia, 2 juni 2012, Medan.

[img]
Preview
Text
S0007 -23.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://usupress.usu.ac.id

Abstract

Saat ini, telah terjadi perubahan iklim yang dapat berdampak terhadap kehidupan, misalnya, adanya pergeseran musim, peningkatan suhu dan penambahan tinggi permukaan laut. Secara tidak langsung, perubahan iklim juga akan berdampak terhadap sumber daya air dan kasus penyakit. Penelitian ini menggunakan model sistem dinamik, karena penelitian mengenai perubahan iklim sulit dilakukan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis kondisi dampak turunan perubahan iklim terhadap sumber daya air dan kasus penyakit yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan membuat model menggunakan sistem dinamik. Sebelum simulasi dilakukan, model divalidasi dan diuji sensitivitasnya dengan cara uji validasi output yaitu uji statistik dengan AME (Absolute Means Error) untuk melihat penyimpangan nilai simulasi dan nilai empiris. Simulasi terhadap jumlah kendaraan dan penggunaan BBM menunjukkan bahwa dampak perubahan iklim terhadap sumber daya air dan kasus penyakit cukup signifikan. Diharapkan Pemerintah DKI Jakarta dapat memberlakukan kebijakan pengurangan jumlah kendaraan pribadi dan menyediakan fasilitas transportasi massal serta penghematan penggunaan BBM untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 23/S0007.pdf
Uncontrolled Keywords: Bahan Bakar Minyak (BBM), kasus penyakit, model sistem dinamik,perubahan iklim, simulasi, sumber daya air
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363.73 Pollution (Masalah Pencemaran Lingkungan, Polusi )
500 Natural Science and Mathematics > 550-559 Earth Sciences (Ilmu Bumi) > 551.6 Climatology and Weather (Klimatologi, Iklim dan Cuaca)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:58
Last Modified: 29 Sep 2023 03:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item