Lobster Air Tawar Spesies Asing Invasif

Yuliana, Ernik and Yonvitner, and Ritonga, Sultan A. and Thariq, Rafi Alwan A. and Akmal, Surya Genta and Djatmiko, Wibowo A. (2023) Lobster Air Tawar Spesies Asing Invasif. PKSPL IPB, Bogor.

[img]
Preview
Image
Buku_Lobster - Cetak 2023_page-0001 rev1MB.jpg

Download (342kB) | Preview

Abstract

Perairan tawar Indonesia cocok untuk beberapa spesies perairan, baik berasal dari dalam maupun luar negeri. Khusus spesies asing masuk Indonesia dapat melalui perdagangan atau penelitian. Pada spesies asing yang masuk Indonesia tersebut, terdapat lobster air tawar yang termasuk spesies yang invasif. Lobster air tawar yang ditemukan di berbagai lokasi yang diteliti di Yogyakarta berbeda-beda jenisnya. Setidaknya tercatat tiga jenis lobster yang ditemukan di tempat-tempat itu yakni jenis Cherax quadricarinatus (red claw), C. destructor (yabbie), dan Procambarus clarkii (red swamp crayfish). Lobster air tawar hingga akhir-akhir ini masih merupakan komoditas perikanan budidaya yang menarik. Harga jualnya yang cukup tinggi, teknik budidayanya yang relatif mudah dan sederhana, serta pasarnya yang masih terbuka lebar, merupakan beberapa faktor yang menarik minat para pembudidaya. Keterbatasan kebijakan pada level daerah turut mempercepat dan mempermudah proses penyebaran lobster air tawar ini. Pelepas liaran spesies asing, apalagi yang bersifat invasif, bagi ekosistem alami setempat bisa berdampak serius, akan tetapi nampaknya masih dianggap sebagai hal yang biasa oleh masyarakat kebanyakan. Dengan demikian, diperlukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap risiko dan dampak dari keberadaan biota invasif di perairan umum. Namun kesediaan masyarakat di atas untuk berpartisipasi dalam pengawasan, paling tidak, telah dapat menjadi modalitas dalam mengembangkan program pengendalian spesies asing invasif di tingkat lokal

Item Type: Book
Additional Information (ID): BP0002-23
Uncontrolled Keywords: lobster air tawar, spesies invasig, perairan tawar
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 639.2 Commercial Fishing, Fishery (Penangkapan Ikan untuk Tujuan Komersial, Perikanan)
Divisions: Koleksi Digital > Buku Umum
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:15
Last Modified: 06 Apr 2023 03:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item View Item