PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Purwanto, Agus Joko and Hamdani, Mailani and Isfarin, Nadia Nurani and Susanty, Etty PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MASA PANDEMI COVID-19. In: Peluang dan Tantangan Universitas Terbuka pada Masa Pandemi Covid-19 (BNBB). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
book section Peluang dan Tantangan UT_31-60.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_Buku Peluang dan Tantangan UT_RevKDT.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Sejak didirikan, UT tidak didesain menjadi organisasi yang memiliki sumberdaya sendiri. Saat UT didirikan, sampai saat ini, SDM UT bukan hanya yang tercatat di UT, namun juga melibatkan banyak sekali SDM dari luar UT. SDM dari luar UT bertugas untuk membantu UT sebagai penulis soal, penulis bahan ajar, pembimbing, tutor, dan sebagainya. Dengan demikian UT merupakan jaringan kontrak (a nexus of contract) dengan berbagai pihak. Oleh karena itu kebutuhan, kualifikasi, dan kompetensi SDM UT sebagian berbeda dengan SDM tatap muka. Pada awal tahun 1990-an UT mulai mengadopsi komputer dan kemudian pada awal tahun 2000 UT mulai mengadopsi internet untuk pembelajaran. Saat ini, semua proses bisnis UT sudah menggunakan teknologi jaringan dan sebagian sudah melakukan otomasi baik untuk layanan akademik maupun nonakademik. Perubahan ini menyebabkan bidang SDM juga perlu melakukan penyesuaian komposisi, kualifikasi, dan kompetensi. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana UT mengelola perubahan lingkungan dengan melakukan perubahan komposisi, kompetensi, dan mitra pemenuhan dan pengembangan SDM.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: SDM, Sumber daya manusia
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:48
Last Modified: 05 Dec 2023 04:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item