Blended Learning dalam Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa; Sebuah Gagasan

Purwanto, Agus Joko (2018) Blended Learning dalam Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa; Sebuah Gagasan. In: Seminar dengan tema Optimalisasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa Guna mewujudkan Desa Sejahtera, Penyelenggara Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Dalam Negeri, 30 Sept- 2 Oktober 2018, Jakarta.

[img]
Preview
Text
blended learning.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemerintahan desa diselenggarakan oleh Pemerintah Desa. Wewenang desa sangat berat karena harus mengelola masyarakat sekaligus melaksanakan manajemen pemerintahan sehingga aparatur desa harus melaksanakan tugas manajemen sekaligus tugas politik bahkan sosial budaya untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Jumlah Desa/kelurahan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2015 = 83.184 desa dengan jumlah aparat mencapai 800.000 orang. Aparat desa menempati posisi yang strategis dalam pembangunan bangsa. Beberapa hasil penelitian tentang kompetensi aparat desa menunjukkan bahwa kompetensi aparat desa masih kurang mencukupi untuk melaksanakan berbagai urusan desa dan pemerintahan. UU telah menetapkan 15 kewenangan kepala desa. Diperlukan kompetensi yang tinggi bagi apparat desa untuk melaksanakan 15 kewenangan tersebut. Pemerintah memiliki tantangan yang berat untuk meningkatkan kompetensi SDM Aparat Desa. Perlu pendekatan baru yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kompetensi SDM aparat desa. Dari informasi yang diperoleh, aparat desa masih memerlukan peningkatan kompetensi agar mampu melaksanakan kewenangannya. Jumlah aparat yang besar, belum adanya standar kompentensi, perbedaan usia dan tingkat pendidikan dan sebaran geografis tempat tinggal aparat merupakan tantangan tersendiri bagi Pemerintah dalam peningkatan kompetensi aparat desa. Salah satu gagasan yang ditawarkan penulisan peningkatan kompetensi melalui blended learning. Governance blended learning diatur dengan prinsip-prinsip sharing economy dan reinventing government.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 23/S0034.pdf
Uncontrolled Keywords: Manajemen aparatur publik,: aparat desa, blended learning, sharing economy, reinventing govern
Subjects: 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 320.8 Local Government (Pemerintahan Lokal)
Divisions: Prosiding Seminar > ICDE 2011
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:50
Last Modified: 04 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item