Mentransformasi organisasi publik menjadi learning organisation

Purwanto, Agus Joko Mentransformasi organisasi publik menjadi learning organisation. Project Report. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
mentranformasi organisasi publik menjadi learning org.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masyarakat menuntut birokrasi dapat memberikan pelayanan dengan lebih cepat dan lebih murah. Salah satu strategi agar birokrasi dapat memberikan pelayanan dengan lebih cepat dan lebih murah adalah dengan mentransformasi organisasi menjadi learning organization (LO). Secara formal Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 untuk memberikan kerangkan bagi organisasi pemerintah untuk melakukan reformasi birokrasi. Studi di Universitas Terbuka menunjukkan bahwa dengan menjadi LO, para pegawai mampu mengembangkan kapasitasnya untuk memenuhi kebutuhan stakeholders. Agar para pegawai mampu mengembangkan kapasitasnya, maka manajemen UT memberikan fasilitas yang dibutuhkan untuk berkembang. Secara konseptual LO memiliki tiga pengertian yaitu organisasi dipandang sebagai tempat, organisasi dipandang sebagai entitas yang memiliki kemampuan, dan ketiga, LO dipandang sebagai proses dalam organisasi. Dengan demikian LO mencakup seluruh elemen dalam organisasi. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa LO di UT dipengaruhi oleh factor-faktor sistem informasi, struktur organisasi yang fleksibel, budaya organisasi, dan sumberdaya manusia, adanya toleransi terhadap kesalahan, leadership dan implementasi prinsip-prinsip total quality management. Paper ini merupakan metaanalisis dari beberapa penelitian yang penulis lakukan dalam upaya menemukan factor-faktor yang berpengaruh terhadap transformasi organisasi publik menjadi LO. Implikasi penelitian ini terhadap manajemen organisasi publik adalah organisasi publik yang ingin bertransformasi menjadi LO dapat menggunakan hasil-hasil penelitian ini sebagai benchmark.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0107.pdf
Uncontrolled Keywords: learning organization, sistem informasi, struktur organisasi, budaya organisasi, sumberdaya manusia, leadership, total quality management
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.6 Organization of Education (Organisasi di Bidang Pendidikan)
Divisions: Arsip Digital > Dokumentasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Apr 2023 04:43
Last Modified: 27 Sep 2023 07:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10304

Actions (login required)

View Item View Item