GAYA KEPEMIMPINAN Menyelisik Kebijakan Pemerintah Daerah

Darmi, Titi and Mujtahid, Iqbal Miftakhul (2022) GAYA KEPEMIMPINAN Menyelisik Kebijakan Pemerintah Daerah. CV. Literasi Nusantara Abadi, Malang. ISBN 978-623-495-007-6

[img]
Preview
Text
3) GAYA KEPEMIMPINAN Menyelisik Kebijakan Pemerintah Daerah.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan pola perilaku yang dirancang sedemikian rupa guna memengaruhi bawahannya supaya bisa memaksimalkan kinerja sehingga tujuan organisasi bisa dimaksimalkan serta memotivasi bawahan sehingga akan menciptakan produktivitas yang tinggi. Pemimpin dapat meningkatkan produktivitas pegawai dengan cara membuat suasana lingkungan kerja yang baik, pemimpin melibatkan bawahan dalam setiap pengambilan keputusan, pemimpin memberikan dukungan terhadap tugas yang telah diberikan kepada bawahan, dan pemimpin tidak segan untuk memberikan apresiasi atas kinerja yang baik kepada bawahan. Pemimpin memilih gaya kepemimpinan sesuai terhadap situasi yang ada, bila gaya kepemimpinan yang dijalankan benar serta tepat maka akan bisa mengarahkan pencapaian tujuan organisasi ataupun perorangan. Sebaliknya, bila gaya kepemimpinan yang dipilih salah dan tidak sesuai terhadap situasi yang ada maka akan bisa menyebabkan sulitnya pencapaian tujuan organisasi. Dalam kajian pemerintahan daerah begitu bergantung pada pola kepemimpinan yang digunakan. Pola dasarnya, antara lain pertama, yang mementingkan pelaksanaan tugas dengan efektif dan efisien. Kepemimpinan ini mempunyai kecerendungan pada pengimplementasian gaya ke dalam tipe kepemimpinan otoriter. Kedua, yang mementingkan hubungan kerja sama. Pemimpin ini sangat terbuka pada partisipasi bawahan, yang selaras terhadap tipe kepemimpinan demokratis. Ketiga, kepemimpinan mengharuskan hasil kerja yang sesuai standar dari setiap bawahannya, yang akan berakibat terhadap hasil keseluruhan organisasi yang harus sesuai terhadap tujuan yang akan diwujudkan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Kebijakan
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
Depositing User: David NP
Date Deposited: 07 Apr 2023 06:16
Last Modified: 07 Apr 2023 06:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10308

Actions (login required)

View Item View Item