Kajian tentang Rendahnya Partisipasi Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Ilmiah (Studi Kasus terhadap Mahasiswa Program Nonpendas NonFKIP Universitas Terbuka di Provinsi Jawa Tengah)

Pramudibyanto, Hascaryo and Teguh, Mulyo and Subandri, Hari (2019) Kajian tentang Rendahnya Partisipasi Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Ilmiah (Studi Kasus terhadap Mahasiswa Program Nonpendas NonFKIP Universitas Terbuka di Provinsi Jawa Tengah). Project Report. Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
kajian ttg rendahnya partisipasi-has.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Sebelum mahasiswa tersebut memperoleh yudisium sebagai bentuk akhir perkuliahan pada sebuah perguruan tinggi, mereka wajib menyusun karya ilmiah tersebut. Ketentuan ini sudah diterapkan oleh UT sejak surat edaran Dirjen Dikti tersebut diberlakukan, dan khusus mahasiswa program studi nonpendas non FKIP di UT, wajib menempuh mata kuliah karya ilmiah tersebut bersamaan dengan mata kuliah TAP. Namun ada satu ketentuan yang ditetapkan oleh UT, bahwa bobot atau persentase nilai karya ilmiah adalah sebesar 20% dari keseluruhan nilai akhir TAP yang ditempuh oleh mahasiswa. Ini artinya, mahasiswa yang tidak menyusun dan mengunggah karya ilmiahnya dan berharap memperoleh nilai TAP secara maksimal yaitu 80%, tetap dinyatakan lulus mata kuliah TAP dan berhak terjaring yudisium sesuai ketentuan yang berlaku. Kenyataan ini sungguh sangat disayangkan, mengingat UT sebagai perguruan tinggi dengan kapasitas mahasiswa yang sangat besar, harus meluluskan mahasiswanya meskipun mereka tidak menyusun dan mengunggah karya ilmiah pada jurnal ilmiah UT, meskipun Dirjen Dikti sudah menyatakan hal ini sebagai sebuah kewajiban. Hal-hal lain seharusnya perlu diingat oleh UT adalah resiko yang akan dialami oleh alumni UT apabila mereka akan memanfaatkan karya ilmiah tersebut untuk kepentingan selanjutnya. Atau, mungkin saja karya ilmiah tersebut menjadi salah satu prasyarat keikutsertaan alumni UT dalam seleksi calon pegawai pada sebuah instansi pemerintah atau swasta. Apabila hal ini menjadi kendala bagi alumni UT nantinya, maka UT akan menjadi sasaran kekecewaan para alumni yang mengalami kegagalan akibat diloloskannya mereka pada proses penjaringan yudisum tanpa diberlakukannya ketentuan ‘wajib’ dalam hal penyusunan karya ilmiah ketika mereka masih berstatus sebagai mahasiswa penempuh mata kuliah karya ilmiah dan TAP

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0071.pdf
Uncontrolled Keywords: karya ilmiah, yudisium, alumni
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Apr 2023 07:33
Last Modified: 25 Sep 2023 03:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item