PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (CBR) PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG PERKALIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MELALUI GOOGLEMEET

Aldita, and Teguh, (2021) PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (CBR) PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG PERKALIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III MELALUI GOOGLEMEET. In: Temu Ilmiah guru XIII, 19 November 2021.

[img]
Preview
Text
2. Prosiding TING-XIII-8-14.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Matematika berkontribusi memajukan intelektual dan keterampilan melalui proses belajar era 4.0. Urgen dipelajari ditingkat Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan pengalaman praktik mengajar dan pembelajaran Matematika di kelas III SD Islam Al Izzah Purwokerto, ada permasalahan yang dialami peserta didik selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataannya bahwa kemampuan operasi hitung perkalian peserta didik kelas III SD Islam Al Izzah Purwokerto masih perlu ditingkatkan. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran peserta didik belum memahami perkalian itu adalah penjumlahan berulang dan peserta didik masih kesulitan dalam mengoperasikan perkalian sehingga peserta didik lebih suka diam dan melihat catatan perkalian dalam sampul buku. kurang dekatnya konsep matematika dengan pengalaman belajar, kurangnya pembiasaan serta kurang selarasnya konsep matematika dengan perkembangan kognitif. sehingga interaksi peserta didik dengan guru kurang berjalan dengan baik. Oleh karena itu, penulis mengangkat media permainan tradisional congklak (CBR) sebagai alternatif pemecahan masalah. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Matematika operasi hitung perkalian. Metode penelitian yang digunakan adalah demonstrasi. Metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran (Syaiful Bahri Djamarah, 2000). Dengan melalui dua tahapan yaitu tahapan perencanaan dan tahapan pelaksanaan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik terhadap operasi hitung perkalian dalam pembelajaran Matematika di kelas III dengan penerapan permainan tradisioanal congklak (CBR). Hasil penelitian mampu menjawab hipotesis, peserta didik mencapai KKM, mampu menyelesaikan soal-soal operasi hitung perkalian secara mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pemanfaatan permainan tradisional (CBR) dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian dalam pembelajaran Matematika melalui googlemeet, khususnya di kelas III SD Islam Al Izzah Purwokerto

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 23/S0031.pdf
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Operasi Hitung Perkalian, Permainan Tradisional Congklak (CBR), Googlemeet
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Prosiding Seminar > Temu Ilmiah Nasional Guru XIII
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 07 Apr 2023 09:58
Last Modified: 04 Aug 2023 07:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item