Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada UPBJJ-UT Jakarta, UPBJJ-UT Bogor Dan UT Pusat)

Susanty, Etty and Helmiatin, and Sunarsih, Nenah (2015) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada UPBJJ-UT Jakarta, UPBJJ-UT Bogor Dan UT Pusat). Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian 2015 An_Etty_dkk.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia adalah sumber daya yang sangat berarti bagi perusahaan atau organisasi. dalam hal ini mereka adalah para karyawan atau staf yang bekerja di perusahaan untuk kepentingan bersama perusahaan dalam mencapai tujuannya. Pada era modern dan gobalisasi sekarang ini perusahaan sangat mengutamakan keunggulan kompetitif sehingga karyawan sebagai sumber daya yang sangat penting perannya pun dituntut untuk bekerja ekstra. Karyawan dituntut untuk menunjukkan kinerja dan menggunakan sumber daya semaksimal mungkin. Keputusan-keputusan strategis harus diperhatikan oleh pimpinan dan manajemen bila ingin menang dalam persaingan global. Salah satu keputusan tersebut adalah keputusan fungsional yaitu menyangkut mengelola sumber daya manusia untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja (Nurhayati, 2000). Karyawan di Universitas Terbuka khususnya adalah para karyawan yang bekerja sesuai bidang kerja dengan selalau menunjukkan kinerja yang diharapkan dapat terus ditingkatkan. Dalam bekerja karyawan tidak semata dituntut untuk menunjukkan kecerdasan intelektual saja, namun harus didukung oleh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Tugas pokok dan fungsi karyawan di UT baik itu staff administrasi maupun staf akademik telah tertuang di dalam peraturan dan keputusan pimpinan. Dalam melaksanakan fungsinya, karyawan harus lah bersikap kreatif dalam menyelesaikan pekerjaan. Begitu pula ketika melakukan pelayanan kepada mahasiswa yang datang dengan berbagai permasalahannya staff bagian pelayanan mahasiswa (Pelma) harus menunjukkan sikap yang baik dan selalu menghargai pertanyaan mahasiswa. Perilaku baik tersebut akan terwujud jika karyawan selalu menunjukkan nilai-nilai spiritual dalam bekerja sehingga mereka tidak akan bekerja sesuka hati atau tidak bersemangat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Penelitian menunjukkan bahwa IQ tidak berpengaruh terhadap kinerja artinya IQ pada penelitian ini tidak menentukan keberhasilan kinerja karyawan di tempat kerja. EQ berpengaruh terhadap kinerja artinya menentukan keberhasilan kinerja karyawan di tempat kerja. SQ berpengaruh terhadap kinerja artinya menentukan keberhasilan kinerja karyawan di tempat kerja. IQ, EQ dan SQ berpengaruh terhadap kinerja artinya semakin tinggi IQ, EQ dan SQ maka kinerja karyawan akan meningkat. Bagi UT, dengan hasil penelitian IQ tidak berpengaruh terhadap kinerja maka UT jangan hanya menggunakan tes-tes IQ untuk mengetahui kualitas kinerja karyawannya maupun sebagai petunjuk kesuksesan pimpinan. Jadi UT harus mengunakan perangkat pengukuran lain seperti SQ dan EQ dijadikan alat ukur.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0100.pdf
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual , kinerja karyawan.
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:52
Last Modified: 25 Sep 2023 06:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item