PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENERAPAN KESETARAAN GENDER DALAM KELUARGA

Parwitaningsih, and Prasetyo, Bambang and Hayati, (2019) PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENERAPAN KESETARAAN GENDER DALAM KELUARGA. Project Report. Unversitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENERAPAN KESETARAAN GENDER DI LINGKUNGAN KELUARGA-PARWITANINGSIH.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Sosialisasi gender dalam keluarga ditujukan agar anak-anak belajar tentang peranan gender. Keluargalah yang mulai mengajarkan seorang anak laki-laki menganut sifat maskulin, dan seorang anak perempuan untuk menganut sifat feminism. Melalui proses pembelajaran gender (gender learning), yaitu proses pembelajaran femininitas dan maskulinitas yang bertanggung sejak dini, seorang mempelajari peran gender (gender role) yang oleh masyarakat dianggap sesuai dengan jenis kelaminnya. Dalam proses pembelajaran gender inilah seringkali dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar keluarga atau bisa juga mengarah pada terpaan lingkungan terhadap penerapan gender. Lingkungan di sekitar keluarga memberikan pengaruh terhadap keluarga dalam menerapkan kesetaraan gender. Disadari atau tidak disadari, lingkungan memberikan dampak terhadap kesetaraan gender Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut di atas, maka penelitian dilakukan untuk melakukan kajian tentang bagaimana pengaruh lingkungan terhadap penerapan kesetaraan gender dalam keluarga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): LAPORAN PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PENERAPAN KESETARAAN GENDER DI LINGKUNGAN KELUARGA-PARWITANINGSIH.pdf
Uncontrolled Keywords: gender, kesetaraan gender, terpaan lingkungan
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305.3 Gender (Jenis Kelamin)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Apr 2023 15:40
Last Modified: 18 Apr 2023 16:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10352

Actions (login required)

View Item View Item