Tingkat Pemahaman Mahasiswa Baru UPBJJ UT Pontianak Tentang Layanan UT Online Pasca Pelaksanaan OSMB Dan PKBJJ Semester 2022.1

Rajati, Tati and Millah, Roihatul and Nuryandani, Einstivina (2022) Tingkat Pemahaman Mahasiswa Baru UPBJJ UT Pontianak Tentang Layanan UT Online Pasca Pelaksanaan OSMB Dan PKBJJ Semester 2022.1. Project Report. Unversitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN 2022 TINGKAT PEMAHAMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi yang menyediakan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Kegiatan pembelajaran sebagian besar dilaksanakan menggunakan media. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh UT. OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi. Khusus di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, maka OSMB di UT ditekankan pada proses belajar mandiri. Berdasarkan hasil pengamatan saat proses kegiatan OSMB, banyak dari mahasiswa yang merasa awam dengan layanan online UT. Mahasiswa masih beranggapan bahwa sistem layanan di UT memiliki kesamaan dengan perguruan tinggi lain yang berbasis tatap muka. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa baru tentang layanan UT online pasca pelaksanaan OSMB dan PKBJJ. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan deskripsi dan evaluasi tentang keberhasilan pelaksanaan kegiatan OSMB dan PKBJJ. Subjek penelitian adalah mahasiswa baru UPBJJ-UT Pontianak yang terdiri dari 30 mahasiswa diambil secara random. Sedangkan objek penelitian adalah tingkat pemahaman layanan UT online yang terdiri dari registrasi online, layanan belajar/tutorial online, sumber belajar online, latihan mandiri online, dan ujian online. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner pada penelitian ini, ditemukan bahwa tingkat pemahaman tertinggi mahasiswa baru tentang aspek-aspek layanan UT online setelah pelaksanaan OSMB dan PKBJJ adalah tentang layanan registrasi online. Selanjutnya tingkat pemahaman kedua yaitu sumber belajar online, kemudian ujian online, latihan mandiri online dan tingkat pemahaman terendah yaitu pemahaman tentang layanan belajar/tutorial online.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): LAPORAN PENELITIAN 2022 TINGKAT PEMAHAMAN.pdf
Uncontrolled Keywords: Tingkat kepahaman mahasiswa, Layanan UT Online, OSMB, PKBJJ
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Apr 2023 16:20
Last Modified: 18 Apr 2023 16:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10355

Actions (login required)

View Item View Item