Pengembangan Model Klinik Belajar Pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh

Yunus, Mohamad and Yuliana, Ernik and Suroyo, and Djatmiko, Tedjo (2019) Pengembangan Model Klinik Belajar Pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Klinik Belajar 2019.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di Universitas Terbuka (UT) dilaksanakan dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Mahasiswa sebagai pembelajar didorong untuk mampu belajar mandiri dengan menggunakan sumber belajar yang telah disediakan, baik berupa Bahan Ajar (BA) Utama yang dikemas secara tercetak dan digital, maupun Bahan Ajar Pendukung (BA Pendukung) yang dikemas secara digital. Di dalam proses pembelajaran, UT memberikan layanan bantuan belajar dalam bentuk tutorial dengan modus tatap muka dan online. Bantuan belajar “tidak wajib” diambil oleh mahasiswa (jenjang diploma dan sarjana), sementara untuk mahasiswa (jenjang magister) tutorial bersifat wajib (mandatory). Melalui proses belajar mandiri, belajar terbimbing, dan pemanfaatan berbagai sumber belajar sebagai satu kesatuan utuh dalam sistem pembelajaran, diharapkan mahasiswa dapat melakukan proses belajar yang optimum dengan hasil yang memuaskan. Saat ini, hasil evaluasi belajar (grade nilai) yang diperoleh mahasiswa belum maksimum terutama untuk mahasiswa yang tidak memanfaatkan bantuan belajar, baik Tutorial Tatap Muka (TTM) maupun Tutorial Online (Tuton). Oleh karena itu, diperlukan pembimbingan kepada mahasiswa untuk menyelesakan soal ujian dan tugas tutorial di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). UT akan menyediakan fasilitas untuk memberikan pembimbingan kepada mahasiswa tersebut dalam bentuk Klinik Belajar. Bentuk penyelenggaraan Klinik Belajar saat ini belum terstandar sehingga perlu upaya untuk standarisasi. Penelitian ini akan diarahkan untuk mengembangkan model penyelenggaraan Klinik Belajar di UPBJJ dengan tujuan membantu mahasiswa untuk berlatih mengerjakan soal-soal Ujian Akhir Semester (UAS), konsultasi persiapan UAS, dan bimbingan administratif UAS. Harapannya dengan mengikuti kilnik belajar, mahasiswa dapat meningkatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mereka. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan berikut ini. 1. Bagaimana desain model Klinik Belajar UT; 2. Bagaimana hasil uji coba Klinik Belajar UT pada tahap I; 3. Bagaimana model Kilinik Belajar UT hasil revisi dari uji coba tahap I; 4. Bagaimana perbedaan perolehan IPK antara mahasiswa yang mengikuti Klinik Belajar dan yang tidak mengikuti Klinik Belajar. Rancangan penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan mengembangkan model Klinik Belajar. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data penelitian dilakukan di enam UPBJJ-UT yang mewakili ketersebaran UPBJJ-UT dari wilayah barat, tengah, dan timur, yaitu Banda Aceh, Surabaya, Samarinda, Manado, dan Kupang pada semester 2018/19.1. Pengumpulan data dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang 30-50 orang mahasiswa S1 dan S2 di setiap UPBJJ-UT untuk melakukan analisis kebutuhan terhadap Klinik Belajar dan melalui kuesioner kepada 200 responden mahasiswa. Hasil analisis kebutuhan melalui FGD dengan mahasiswa diperoleh informasi mengenai bahan ajar, tutorial online, ujian kahir semester, dan nilai mata kuliah. Pengembangan Desain Klinik Belajar meliputi Pengertian/batasan, Tujuan, Ruang Lingkup, Ketentuan, dan Skenario Klinik Belajar. Ruang lingkup klinik belajar meliputi konsultasi belajar dan pembelajaran di UT dan pemecahan masalah administrasi akademik dan kesulitan belajar dilayani oleh petugas klinik di UPBJJ-UT. Ketentuan klinik belajar mencakup ketentuan pelaksanaan dan ketentuan bagi petugas layanan klinik belajar. Skenario klinik belajar terdiri atas kegiatan Pembukaan, Penjelasan Teknis, Keterampilan Mengelola Waktu, Keterampilan Membaca Modul Secara Efektif, Keterampilan Merekam Hasil Baca, Pemanfaatan Layanan UT Online dan Ragam Sumber Belajar, Kiat Mengikuti Tutorial Online (Tuton), Kiat Mengerjakan Tugas Tutorial dan Mempersiapkan UAS, dan Evaluasi Pelaksanaan PKBJJ. Uji coba desain Klinik Belajar dimulai pada tahun 2018 semester I di delapan UPBJJ-UT, namun belum semua dari delapan UPBJJ-UT tersebut mengimplementasikan Klinik Belajar. Mulai tahun 2018 semester II seluruh UPBJJ-UT diinstruksikan untuk melaksanakan klinik belajar berdasarkan Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Akademik. Revisi I desain pelaksanaan Klinik Belajar hasil uji coba dilakukan pada tahun 2019 berdasarkan Surat Edaran Wakil Rektor Bidang Akademik No. 7051/ UN31.WR.I/PP.10.02/2019 tanggal 8 Februari 2019 tentang Pelaksanaan EKBM Tahun 2019 dan No. 45959/UN31.WR.I/PP.10.02/2019 tanggal 3 Oktober 2019 tentang Implementasi Klinik Belajar bagi Seluruh UPBJJ-UT. Dapat disimupkan bahwa berdasarkan proses dan analisisi kebutuhan yang dilakukan dalam PENGEMBANGAN MODEL KLINIK BELAJAR PADA PENDIDIKAN TINGGI TERBUKA JARAK JAUH telah dihasilkan desain Klinik Belajar yang dapat diterapkan pada pendidikan tinggi jarak jauh di Universitas Terbuka. Desain model Klinik Belajar terutama mencakup ketentuan pelaksanaan dan petugas yang terkait dengan Klinik Belajar, serta skenario Klinik Belajar. Hasil uji coba desain Klinik Belajar menunjukkan perlu dilakukan revisi terhadap desain awal serta berpijak pada kebijakan akademik mengenai pelaksanaan KLINIK BELAJAR bagi semua UPBJJ-UT. Dikembangkan desain Klinik belajar yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang tidak berkesempatan mengikuti Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) dan mengalami kesulitan belajar. Pelaksanaan Klinik Belajar pada semester 2019/20.1 dilakukan di beberapa UPBJJ-UT, belum semua UPBJJ-UT melaksanakan Kilink Belajar. Survei, pengamatan, dan FGD dilakukan kepada mahasiswa yang sudah mengikuti Klinik Belajar di beberapa UPBJJ-UT dan belum mengikuti klinik belajar, diantaranya Banjarmasin, Palembang, dan Manado. Beberapa saran dapat disampaikan sebagai berikut. 1. UPBJJ-UT melaksanakan klinik belajar mengacu kepada desain model klinik belajar ini yang telah tertuang pada Surat Edaran Wakil rektor Bidang Akademik No. 7051/UN#1.WR.1/PP.10.02/2019. 2. Perlunya pemantauan pelaksaan klinik belajar yang menerapkan model ini sehingga dapat diperoleh masukan untuk perbaikan selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0096.pdf
Uncontrolled Keywords: PTJJ, Klinik Belajar, belajar mandiri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 May 2023 08:36
Last Modified: 25 Sep 2023 06:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item