Aritman, Riyas (2011) Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Konawe Utara (Studi Tentang Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40680.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan public (pelayanan Kartu Tanda Penduduk) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Konawe Utara. Dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kualitas pelayanan Publik (pelayanan Kartu Tanda Penduduk) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Konawe Utara. Hasil penelitian menunjukkan, secara umum kualitas pelayanan KTP di Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Konawe Utara sudah baik, walaupun masih ada beberapa indikator yang belum maksimal dalam pelaksanaannya disebabkan oleh hal-hal tertentu. Adapun pelaksanaan kualitas pelayanan KTP tersebut antara lain; a) Ketepatan waktu; secara ideal penyelesaian KTP adalah 1 sampai 3 hari. Namun. terkadang terjadi keterlambatan sampai beberepa hari, hal ini disebabkan oleh hal-hal teknis, seperti; belum maksimalnya penggunaan listrik di daerah tersebut, sehingga menggunakan generator yang biasa menyebabkan terjadinya kerusakan beberapa alat pencetak (komputer, pencetak maupun alat press), kesalahan dalam editing biodata maupun banyaknya jumlah pemohon pada hari yang sama. b) Kemudahan dalam Pengajuan Permohonan dan Kelengkapan Administrasi; Dimana masyarakat langsung mengajukan permohonan dan beberapa kelengkapan administrasi. Hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan kelancaran administrasi dalam proses pengurusan KTP. c) Akurasi pelayanan; Kesalahan yang terjadi biasanya pada persoalan input data pemohon, namun kondisi tersebut diminimalisir dengan memeriksa ulang biodata sebelum dicetak. d) Kesesuaian biaya pelayanan; Telah diatur Berdasarkan Peraturan Bupati Konawe Utara Nomor 122 Tahun 2007, tentang Tarif Pembuatan Kartu Tanda Penduduk yang berlaku di Kabupaten Konawe Utara adalah sebesar Rp. 20.000. Biaya ini masih tergolong wajar dan terjangkau, walaupun juga ada beberapa keluhan dari masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Konawe Utara, dapat dilihat pada beberapa hal sebagai berikut; a) Struktur organanisasi; dalam kompleksitasnya adanya pembagian tugas dan fungsi yang jelas pada masing-masing unit kerja, pengurusan KTP dilakukan oleh beberapa seksi pada bidang Informasi Kependudukan. Formalisasi, ditunjukkannya prosedur kerja, tata cara bagaimana organisasi tersebut dijalankan. Walaupun dalam kenyataannya sering pula terjadi ketimpangan dalam menjalankan prosedur yang ada. Sentralisasi dengan menerapkan pendelegasian wewenang kepada pihak di bawahnya. b) Kemampuan aparat; dengan latar belakang sarjana (S1) dan dalam rangka peningkatan kemampuan kerja diikutsertakan dalam beberapa pelatihan pegawai. c) Sistem pelayanan; dengan kondisi lokasi yang cukup jauh memberikan kendala bagi masyarakat dalam melakukan pengurusan KTP; kejelasan informasi tentang pelayanan yang diberikan dengan cara memasang beberapa informasi di papan informasi yang telah disediakan; perlindungan terhadap dampak hasil pelayanan, dengan melakukan proses pencetakan ulang atas kesalahan yang dilakukan oleh petugas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40680.pdf |
Uncontrolled Keywords: | the quality of public service, the identity card, kualitas pelayanan publik, kartu tanda penduduk |
Subjects: | 900 Geography and History > 920-929 Biography and Genealogy (Biografi dan Silsilah) > 929.9 Forms of Identifications (Bentuk-bentuk Identifikasi) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 09:11 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 01:31 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1037 |
Actions (login required)
View Item |