Program Abdimas Pendampingan Pembuatan Masker

Helmiatin, and Susanty, Etty and Maria, Maya and Nazwa, Ramdhan Kurniawan and Ayuni, Devi (2020) Program Abdimas Pendampingan Pembuatan Masker. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Abdimas Pembuatan Masker 2020_final.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketika masa pandemic covid-19 menghancurkan sendi-sendi kehidupan masyarakat baik secara ekonomi maupun sosial saat ini, kegiatan masyarakat umum sangat jauh dari kata nyaman. Dalam berkegiatan banyak protocol dan aturan kesehatan yang diberikan pemerintahdan wajib dipatuhi oleh semua orang, dewasa ataupun juga anak-anak. Dari sisi ekonomi, banyak masyarakat yang berusaha pada sektor informal dan menggantungkan hidup dari aktivitas seharihari yang banyak berhubungan dengan orang lain menjadi sulit mendapatkan penghasilan tetap. Para pekerja informal tersebut harus mencari alternatif usaha lain bila ingin bertahan dalam keadaan sekarang ini. Dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh sejumlah penjahit lokal dalam pemenuhan ekonomi masyarakat, hal tersebutmenjadi perhatian Tim Abdimas dari Fakultas Ekonomi. Pada kegiatan abdimas dari tahun 2020, tim abdimas dari Fakultas Ekonomi mengadakan kegiatan pendampingan pembuatan masker di desa Cipadu. Masker menjadi kebutuhan primer dikala pandemi melanda saat-saat awal sulit dicari di pasaran pun sering masyarakat kesulitan membelinya. Berbagai jenis masker yaitu masker medis, masker kain, masker scuba sangat sulit dibeli dipasaran, selain karena harganya yang mendadak melambung tinggi, barang nya pun menjadi langka. Kegiatan abdimas ini mencoba memberikan pendampingan kepada para penjahit yang terdampak Covid-19 di desa Cipadu dengan pendampinan Tim Abdimas, salah satu caranya adalah mencari pola dan desain masker serta informasi secara online yang dapat digunakanuntuk membantu penjahit yang dulunya biasa menjahit baju sekarang beralih untuk membuat masker

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0087.pdf
Uncontrolled Keywords: pandemi, covid 19, abdimas,protokol kesehatan, masker
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2023 02:46
Last Modified: 25 Sep 2023 04:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10373

Actions (login required)

View Item View Item