Deteksi Penyakit Sistemik Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD) Menggunakan Teknik PCR Pada Calon Indukan Jeruk Keprok Tawangmangu

Nuryandani, Einstivina and Sumarno, (2013) Deteksi Penyakit Sistemik Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD) Menggunakan Teknik PCR Pada Calon Indukan Jeruk Keprok Tawangmangu. In: Seminar Nasional Biologi 2013 : “Peran Biologi Dalam Meningkatkan Produktivitas Yang Menunjang Ketahanan Pangan”, 14 September 2013, Semarang, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Prosiding Simnas Biologi UNDIP 2013.pdf

Download (25MB) | Preview
Official URL: https://bio.fsm.undip.ac.id/prosiding-2013/

Abstract

Asesi tanaman jeruk keprok asli Tawangmangu merupakan tanaman yang potensial untuk dikembangkan sebagai indukan. Namun program pemuliaan dan pengembangan jeruk keprok Tawangmangu (Citrus reticulata Blanco ssp Tawangmangu) membutuhkan informasi yang akurat mengenai kondisi kesehatan tanaman induk yang digunakan. CVPD merupakan penyakit penting tanaman jeruk keprok Tawangmangu yang dapat menghancurkan tanaman ini. Oleh karena itu deteksi penyakit CVPD melalui teknik PCR sangat penting untuk menjamin kesehatan tanaman induk yang digunakan. Penelitian dilakukan di kecamatan Tawangmangu dan Ngargoyoso untuk pengambilan 25 sampel asesi dan proses analisis menggunakan teknik PCR dilakukan di Balitjestro, Tlekung, Malang. Hasil PCR kemudian divisualisasikan dalam gel elektroforesis dan dibandingkan dengan Marker DNA dan contoh sampel yang positif menderita penyakit CVPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pita terang pada DNA contoh sampel yang positif terkena CVPD pada 1160 bp jika disandingkan dengan Marker DNA. Namun pada contoh DNA dari dua puluh lima sampel calon induk jeruk keprok asli Tawangmangu tidak didapati pita pada besaran 1160 bp. Hal ini menunjukkan bahwa kedua puluh lima sampel yang diuji tidak terinfeksi oleh penyakit CVPD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 23/S0019.pdf
Uncontrolled Keywords: jeruk keprok asli Tawangmangu, PCR, CVPD
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 632.3 Plant Diseases (Penyakit pada Tanaman Pertanian, Penyakit pada Tumbuhan Pertanian)
600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 634.3 Citrus and Moraceous Fruits (Kelompok Jeruk, Lemon, Lime, Sitrun)
Divisions: Arsip Digital > Dokumentasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 May 2023 03:05
Last Modified: 04 Aug 2023 04:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item