Pemanfaatan Open Education Resources (OER) Sebagai Strategi Membangun E-Resources di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pemanfaatan OER di Universitas Terbuka)

Samsiyah, Siti (2015) Pemanfaatan Open Education Resources (OER) Sebagai Strategi Membangun E-Resources di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pemanfaatan OER di Universitas Terbuka). In: Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia 2015, 19-21 Agustus 2015, UPI , Bandung.

[img]
Preview
Text
III.A.1.d.b_7; 2015; Semiloka Nas Kepustakawanan Indonesia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perguruan Tinggi dalam pengcmbangannya sangat dipengarhui oleh kemajuan tcknologi. Semula perguruan tinggi dalam pembelajarannya hanya mengandalkan kemampuao dosen dalam proses pembelajarannya. Kualitas materi pembelajaran yang diberikan sangat dipeogarubi kemampuan dosen dalrun mengajar. Kualitas mengajar doscn dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mengumpulkan bcrbagai macam referensi, mengolahnya meojadi pengetahuan dan meoyajikannya pada mahasiswa. Namun setelah munculoya teknologi komputer dengan kemampuan revolusionernya memberikan berbagai macam fasilitas yang diperlukan terutama sektor pendidikan untuk memanfaatkanoya secara optimal. alah satu dari darnpak tcknologi yang sangat bermanfaat bagi perguruan tinggi adalab pengguoaan sumbcr belajar terbuka, atau dikenal dengan sebutan Open Education Resources (OER) yang diperkenalkan sejak tahun 2002. Pcnelitian Pemanfaatan OER Sebagai Strategi Membangun e-resources di Perguruan Tioggi merupakan penelitiao deskriptif-kualitatif deogan studi kasus pemanfaatan OER di Universitas Terbuka (U1). Penelitian dengan metode pengumpulan data berupa wawancara/interview, observasi dan dokumen lainnya. Hasil penelitian meouojukkan pcmanfaatan sumber bersama atau OER merupakan sumber belajar paling strategis dimanfaatkan untuk membanguo sebuah e-resources di perguruan tinggi. Deogan OER setiap perguruan tinggi sangat dimungkinkao untuk saliog bertukar sumber belajar. Dengan OER dari sisi dosen dapat memperkaya mate.ti pembclajaran, dari sisi mabasiswa akan memperkaya pengctahuan clan dari sisi manajemeo perguruan tinggi mampu meoekan biaya pengadaan materi pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 23/S0015.pdf
Uncontrolled Keywords: Key word : sumber belajar terbuka(OER), peningkatan kualitas pembelajaran, sumber belajar terbuka(OER), peningkatan kualitas pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 May 2023 06:21
Last Modified: 04 Aug 2023 04:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item