Desain Sistem Elektronik dan Arsitektur Komunikasi Pembelajaran yang Menggunakan Jalur Radio untuk Mendukung E-Learning

Samsiyah, Siti (2011) Desain Sistem Elektronik dan Arsitektur Komunikasi Pembelajaran yang Menggunakan Jalur Radio untuk Mendukung E-Learning. In: Konfrensi nasional ICT-M politeknik Telkom (KNIP), 8 Desember 2011, Bandung.

[img]
Preview
Text
III.A.1.d.b_3; 2011; Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desain Sistem Elektronik dan Arsitektur Komunikasi Pembelajaran yang Menggunakan Jalur Radio untuk Mendukung E-Leaming merupakan penelitian deskriptif-eksploratif. Penelitian ini mengidentifikasi kondisi real media yang saat ini digunakan oleh Universitas Terbuka {UT). Media tersebut digunakan untuk sosialisasi program UT maupuo uotuk tutorial (fungsi pembelajaran) bagi mahasiswa. Karakteristik serta sebaran mahasiswa UT yang berada di selurub wilayah Indonesia,pedesaan maupun perkotaan merupakan kondisi teneodiri bagi UT sebagai Perguruan Tinggi yang barus mampu membangun saluran-saluran komunikasi antara UT dengan UPBJJ (kantor Regional UT di daerab) dan mahasiswanya. Populasi dalam penelitian ini adalah UPBJJ (Unit Pelayanao Belajar Jarak Jauh) yang berada di wilayah tengahb (Jawa, Kalimantan, Bali), Radio Siaran Swasta yang tergabung dalam PRSSNI (Persatuan Radio Siano Swasta Indonesia). Survey yang menggunakan teknik kuesioner, wawancara serta pendekatan sistem meagidentifikasikan bahwa media radio konvensiooal dengan varian jalur FM, AM, radio komunitas, radio streaming jika diintegrasikan akan menghasilkan saluran komunikasi yang sangat efektif. Hambataa lokasi geografis dapat dibindari deogan strategi pemilihan saluran media radio yang sesuai wiJayahaya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 23/S0013.pdf
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pembelajaran, radio konveasional, radio komunitas, radio streaming, media literacy, PTJJ
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Arsip Digital > Dokumentasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 May 2023 09:29
Last Modified: 04 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item