Meningkatkan Partisipasi Tutorial Online Bagi Mahasiswa Pasif Program Magister Administrasi Publik Universitas Terbuka Melalui SMS Reminder

Susanti, and Dewiki, Santi (2012) Meningkatkan Partisipasi Tutorial Online Bagi Mahasiswa Pasif Program Magister Administrasi Publik Universitas Terbuka Melalui SMS Reminder. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
4-artikel Meningkatkan Partisipasi Tutorial Online.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Media pada perguruan jarak jauh (PJJ) memegang peran penting dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran terintegrasi yang terdiri dari belajar mandiri, tutorial tatap muka (TTM), dan tuton; serta ujian akhir semester memegang peran penting dalam evaluasi hasil belajar (EHB). Dalam EHB, nilai akhir mata kuliah berasal dari komponen tutorial 60% dan 40% UAS. Prosentase 60% tutorial berasal dari 50% tugas yang dikumpulkan pada TTM dan 10% partisipasi mahasiswa dalam tuton.Komponen nilai akhir mata kuliah ini harus lengkap agar nilai dapat diproses. Meningkatnya kuantitas mahasiswa Prodi MAP wajib diikuti dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran. Dari total peserta 11547dalam 11 matakuliah Prodi MAP yang ditawarkan persemester selama masa registrasi 2010.2, 2011.1, dan 2011.2. sebanyak; 687 (5.9%) peserta mempunyai nilai tuton < 20.Perkembangan teknologi yang saat ini sangat familiar di masyarakat adalah handphone (HP), sehingga melalui layanan SMS (short message service) diharapkan dapat memandu dan memotivasi mahasiswa untuk aktif tuton. Penelitian deskriptif kualitatif dengan praeeksperimen ini memberikan SMS Reminder bagi semua mahasiswa Prodi MAP yang meregistrasi paket semester 1, 2, dan 3 pada masa 2012.1.sebanyak 1511 peserta. Setelah diberikan SMS Reminder ternyata jumlah peserta pasif tuton pada 11 matakuliah dengan 235 peserta (15,6%). Rinciannya mahasiswa pasif semester 1 pada masa registrasi 2012.1. sebesar 114 peserta (7,5%), semester 2 sebesar 73 peserta (4,9%), dan semester 3 sebesar 48 peserta (3,2%). Masih tingginya angka partisipasi mahasiswa pasif tuton ini disebabkan berbagai kendala internal dan eksternal mahasiswa, yaitu: terbatasnya rendahnya kemampuan penggunaan teknologi pembelajaran, ketiadaan akses jaringan internet, perubahan data nomor telpon, tidak lengkapnya pengisian data pribadi, dan keterlambatan registrasi serta perubahan sistem registrasi dari penggunaan TBS dan LT. Namun demikian upaya pemberian SMS Reminder perlu terus dilakukan sebagai upaya sapaan manusiawi pada PTJJ.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0075.pdf
Uncontrolled Keywords: Tuton, SMS Reminder, Sapaan Manusiawi pada PJJ.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2023 03:24
Last Modified: 25 Sep 2023 03:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10452

Actions (login required)

View Item View Item